Lihat ke Halaman Asli

Tips dan Cara Aman Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Diperbarui: 4 Februari 2024   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tips menurunkan berat badan setelah melahirkan

Selain pola makan sehat dan berolahraga, berikut beberapa tips menurunkan berat badan pasca melahirkan:

1. Menyusui bayi Anda

Proses menyusui membantu rahim berkontraksi kembali ke ukuran semula. Oleh karena itu, menyusui dapat membantu ibu menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa wanita yang menyusui secara eksklusif selama 3 bulan mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak menyusui.

2. Jangan makan terlalu malam

Menurunkan berat badan bukan berarti tidak makan. Faktanya, jangan pernah melewatkan waktu makan karena akan menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu dan bayi. Moms tetap disarankan makan tepat waktu, namun dengan porsi yang terkontrol. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), wanita perlu mengonsumsi tambahan 450-500 kalori per hari saat menyusui.

3. Batasi makanan olahan

Sebuah penelitian mengamati 1.035 wanita yang rutin makan gorengan setelah melahirkan dan lebih sulit menurunkan berat badan. Selain gorengan, hindari soda, fast food, keripik kentang, dan makanan beku. Makanan ini tinggi kalori dan rendah nutrisi.

4. Pilih makanan sumber protein

Protein mencegah rasa lapar karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Protein juga memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan berlebihan. Menurut sebuah artikel di American Journal of Clinical Nutrition, tubuh secara otomatis menggunakan 20 hingga 30 persen kalori dalam protein selama proses pencernaan. Oleh karena itu, jenis makanan ini memang bisa membantu penurunan berat badan.

5. Meningkatkan serat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline