Lihat ke Halaman Asli

Dr. Raiders Salomon Marpaung.

Guru Olahraga Purna Tugas

Luar Biasa, Lima Wakil Indonesia Lolos ke Semifinal HSBC BWF World Tour Finals 2022

Diperbarui: 10 Desember 2022   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Jonatan Christie/Tunggal Putra Andalan Dok: bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

                                                  

Tiga dari tujuh wakil Indonesia berhasil meraih sukses dengan mencetak kemenangan atas lawan-lawannya di hari terakhir babak penyisihan group "putaran final HSBC BWF World Tour 2022", Jumat (9/12/2022). Wakil Indonesia yang mencatat kemenangan di babak penyisihan group tersebut adalah dari sektor tunggal putra, dan ganda campuran.

Sektor tunggal putra, tunggal putra andalan Indonesia peringkat tujuh dunia Anthony Sinisuka Ginting, berhasil memetik kemenangan. Ginting meraih kemenangan ketiganya di penyisihan group B atas pemain Singapura peringkat tiga dunia Loh Kean Yew.

Ginting menang melalui pertarungan dua game langsung dalam waktu 38 menit dengan skor 21-12, 23-21. Kemenangan ini membuat rekor head to head kedua pemain ini menjadi 3-2 untuk keunggulan Ginting, sekaligus menghantarkan Gining lolos ke babak semifinal sebagai juara group B.

Diikuti tunggal putra peringkat lima dunia Jonatan Christie, juga berhasil meraih kemenanangan. Jojo berhasil mengalahkan pemain Chinese Taipei peringkat empat dunia.

Jojo mengalahkan Chou Tien Chen melalui pertarungan rubber game dengan skor 21-13, 12-21, 21-17 setelah bertarung dalam waktu 50 menit yang dimainkan di lapangan satu. Kemenangan ini membuat rekor head to head kedua pemain ini menjadi 7-4 untuk keunggulan Jojo, sekaligus menghantarkan Jojo lolos ke babak semifinal sebagai runner up group B.

Berikutnya sektor ganda campuran, pasangan peringkat 13 dunia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berhasil memetik kemenangan. Rinov/Pitha meraih kemenangan keduanya di penyisihan group A atas pasangan Prancis peringkat 10 dunia Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Rinov/Pitha menang melalui pertarungan rubber game dalam waktu satu jam lebih dengan skor 14-21, 21-17. 24-22. Kemenangan ini menghantarkan Rinov/Pitha lolos ke babak semifinal sebagai runner up group A.

Sementara itu di sektor ganda putra, pasangan peringkat tiga dunia Fajar Alvian/Muhammad Rian Ardianto gagal memetik kemenangan. Pasangan Fajar/Rian kalah dari pasangan Malaysia peringkat delapan dunia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Fajar/Rian menyerah rubber game dengan skor 21-10, 17-21, 19-21 setelah berjuang selama 53 menit.

Kekalahan ini membuat rekor head to head kedua pasangan ini menjadi 6-3 masih untuk keunggulan pasangan Fajar/Rian. Walaupun kalah, Fajar/Rian tetap melaju ke semifinal sebagai runner up grup A.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline