Lihat ke Halaman Asli

Dr. Raiders Salomon Marpaung.

Guru Olahraga Purna Tugas

Bukan Sebuah Kegagalan, Putra Indonesia Dihentikan Malaysia di Final Badminton Asia Team Championships 2022

Diperbarui: 20 Februari 2022   23:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Tim Putra Indonesia/Runner up Asia Dok: pbsi.id)

Pertarungan babak final Badminton Asia Team Championships 2022 dimainkan hari ini, Minggu (20/2/2022) pukul 16.00 waktu setempat. Saling berhadapan antara Indonesia melawan Malaysia. Pertandingan tersebut digelar di Shah Alam, Malaysia.

Setelah menang 3-2 di semifinal atas Singapura, tim Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah Malaysia di babak final Badminton Asia Team Championships 2022 dengan skor 0-3. Berikut ini adalah hasil pertandingan tim Indonesia menghadapi pertarungannya melawan Malaysia.

Partai pertama di sektor tunggal, Indonesia langsung tertinggal 0-1 lewat Chico Aura Dwi Wardoyo di tunggal pertama setelah kalah rubber set dari Lee Jii Zia yang merupakan Juara All England 2021 dengan skor 21-14  12-21, 10-21.

Partai kedua Malaysia menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui sektor ganda setelah pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di ganda pertama kalah rubber set dari peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2000 pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-17, 13-21, 18-21.

Selanjutnya di partai ketiga Malaysia memastikan kemenangan setelah unggul 3-0 melalui kemenangan Ng Tze Yong dua set langsung atas Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay dengan skor 21-14, 21-15 di tunggal kedua.

Berdasarkan daftar pemain, kekalahan Indonesia yang diperkuat pemain lapis kedua dari Malaysia yang menurunkan kekuatan penuh di babak final ini bukan sebuah kegagalan. Memang dengan pemain lapis kedua ditargetkan akan mampu mencapai babak final, dan itu mampu diraih tim Indonesia.

Usaha tim merah putih untuk menyandingkan gelar juara putra-putri pun masih tertunda. Sebelum partai final putra digelar, Gregoria Mariska Tunjung dkk sudah berhasil untuk pertama kali menjadi Juara Beregu Asia setelah menang 3-1 atas Korea Selatan di final.

Namun kita jangan putus asa, mengingat para pemain inti dalam Badminton Asia Team Championships tahun ini usianya masih usia emas, sehingga masih memungkinkan tampil dalam kejuaraan mendatang dengan lebih siap lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline