Lihat ke Halaman Asli

Dr. Raiders Salomon Marpaung.

Guru Olahraga Purna Tugas

GM Novendra Priasmoro Melesat ke Peringkat Dua Zone 3.3 Zonal Chess Championships 2021

Diperbarui: 9 Mei 2021   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(GM Novendra Priasmoro Dok: kumparan.com)

IM Mohamad Ervan, yang selalu memimpin Zone 3.3 Zonal Chess Championships 2021 sejak babak pertama sampai dengan babak ketujuh, akhirnya tergeser dari pucuk pimpinan. Memasuki babak kedelapan yang dimainkan hari ini, Sabtu (8/5/2021) IM Mohamad Ervan untuk sementara tergeser ke posisi tiga kejuaraan yang memperebutkan dua tiket ke Piala Dunia Catur 2021 di Sochi, Rusia tersebut dengan raihan point 6. IM Mohamad Ervan sebagai unggulan 10 sampai dengan babak kedelapan belum terkalahkan dengan mencatat hasil empat kali menang dan empat kali remis. Di babak kedelapan IM Mohamad Ervan dengan elo rating 2356 ditahan remis oleh rekan senegaranya IM Sean Winshand Cuhendi. Sedangkan bagi IM Sean Winshand Cuhendi, hasil tersebut membuat posisinya bertahan di urutan lima dengan megumpulkan 5,5 point.

Posisi IM Mohamad Ervan akhirnya dilampaui oleh pecatur Indonesia lainnya dengan raihan 6 point juga. GM Novendra Priasmoro yang diunggulkan di posisi kedua dengan elo rating 2502 sementara melesat ke posisi dua setelah di babak kedelapan mengalahkan IM Jingyao Tin dari Singapura.

Kemudian empat pecatur Indonesia lainnya sementara mengumpulkan 5 point. IM Yoseph Theolifus Taher sebagai unggulan keempat dengan elo rating 2455 sementara naik ke posisi enam setelah di babak kedelapan bermain remis dengan Ellan Asuela dari Filipina. Sementara itu, IM Gilbert Elroy Tarigan dengan elo rating 2149 di babak kedelapan berhasil mengalahkan Michael Gotel dari Filipina. Dengan hasil tersebut membuat posisi IM Gilbert Elroy Tarigan sendiri naik ke posisi tujuh. GM Susanto Megaranto yang diunggulkan di posisi pertama dengan elo rating 2550, turun ke posisi 12. Penurunan posisi tersebut akibat di babak kedelapan ditahan remis oleh Merben Roque dari Filipina. IM Azarya Jodi Setyaki yang memiliki elo rating 2389, naik ke posisi 14. IM Azarya Jodi Setyaki sebagai unggulan kedelapan di babak kedelapan berhasil mengalahkan Yu Tian Poh dari Malaysia.

Selanjutnya dua pecatur Indonesia lainnya mengumpulkan 4,5 point. IM Muhammad Lutfi Ali yang diunggulkan di posisi ketujuh dengan elo rating 2399, naik ke posisi 20. Di babak kedelapan, IM Muhammad Lutfi Ali berhasil mengalahkan Xin Hao Looi dari Malaysia. FM Pitra Andyka dengan elo rating 2276 di babak kedelapan berhasil mengalahkan Narciso Gumila dari Filipina. Dengan hasil tersebut membuat posisi FM Pitra Andyka naik ke posisi 21.

Pecatur terakhir CM Aditya Bagus Arfan menempati posisi terrendah diantara 10 pecatur Indonesia yang bertarung di turnamen tersebut. Posisi CM Aditya Bagus Arfan yang memiliki elo rating 2274, sementara berada di posisi 40 dengan 3 point setelah di babak kedelapan dikalahkan oleh FM Poompong Wiwatanadate dari Thailand.

Kejuaraan tinggal menyisakan satu babak lagi. Dua pecatur Indonesia masih berpeluang untuk meraih tiket ke Piala Dunia Catur 2021 di Sochi, Rusia. Peluang terbesar ada pada GM Novendra Priasmoro, dengan catatan memenangkan babak terakhir melawan IM Michael Concio Jr dari Filipina.

Peluang berikutnya dimiliki oleh IM Mohamad Ervan, dengan catatan memenangkan babak terakhir melawan FM Lik Zang Lye dari Malaysia dan dua pesaingnya GM Novendra Priasmoro dan IM Daniel Quizon dari Filipina mengalami kekalahan.

Tim Indonesia juga masih punya peluang untuk memborong dua tiket ke Piala Dunia Catur 2021, dengan catatan GM Novendra Priasmoro dan IM Mohamad Ervan memenangkan babak terakhir dan GM Susanto Megaranto berhasil mengalahkan IM Daniel Quizon dari Filipina yang saat ini sedang memimpin sendirian dengan 6,5 point.

Mari kita doakan, semoga di babak terakhir yang akan dimainkan besok (9/5/2021), para pecatur Indonesia mampu mengoptimalkan peluang untuk memborong jatah dua tiket ke Piala Dunia Catur 2021 di Sochi, Rusia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline