Lihat ke Halaman Asli

Raida Andhini

Mahasiswa

Jualan Layout Kreatif di Twitter - Bikin Seru Penghasilan Remaja Kpoprs

Diperbarui: 9 Oktober 2023   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel


So, kalian pasti udah pada tau kan kalo Twitter itu bukan cuma buat nge-tweet bebas doang? Nah, sekarang Twitter juga jadi tempat ngejual layout kreatif yang gak kalah kece loh, tinggal searching hastag zonauang/zonajajan pasti nemu banyak deh. Kita bakal bahas ini sambil asyik-asyikan ya, dan yang lebih keren lagi, kita bakal ngaitin sama penggemar K-pop yang hampir seluruh remaja di Indonesia pasti banyak yg demen!


Jadi gini, di era digital yang kayak gini, platform media sosial kayak Twitter tuh jadi sarana yang oke bgt buat para pelaku bisnis kreatif, mostly remaja-remaja yang butuh duit jajan hehe. Ini juga ngikutin ide "Masyarakat Jaringan" yang diajarin sama Manuel Castells, di mana kita semakin terhubung ke teknologi komunikasi buat eksis di dunia maya. Nah, Twitter ini salah satu pelopornya, tempat yang asik buat ngasih liat karya kreatif kita ke banyak orang. Bukan cuman cuitan-cuitan anak Twitter yg kastanya tinggi ngebahas isu-isu yang ada wkwkwk.

Oke, kita masuk ke bagian yang lebih seru lagi nih. Penjualan layout kreatif di Twitter ini juga nge-representasiin konsep "Ekonomi Informasi" dari Castells. Layout kreatif itu produk informasi yang laku banget di ekonomi digital sekarang. Coba deh bayangin, para K-popers punya fans base yang gede banget. Nah, penjual layout kreatif bisa manfaatin pengetahuan kreatif mereka buat bikin produk yang diincar sama fans. Dalam ekonomi informasi, pengetahuan itu jadi harta yang bener-bener berharga, dan penjualan layout kreatif ini adalah contoh bagaimana produk informasi bisa jadi cuan. (Duit)

Nah, yang lebih seru lagi, banyak banget remaja-remaja yang jadi penjual layout kreatif di Twitter. Terutama para penggemar K-pop yang udah jadi kebiasaan banget beli berbagai printilan (merchandise) idolanya. Sekarang mereka bisa jadi penghasilan sendiri dengan bikin layout kreatif yang laku keras di antara komunitasnya. Jadi selain bisa tampil kreatif, mereka juga bisa dapet uang buat jajan merchandise/printilan kpop lagi!

Jadi intinya, penjualan layout kreatif di Twitter itu adalah contoh nyata bagaimana masyarakat jaringan dan ekonomi informasi yang dipegang Castells bisa bikin kita berinteraksi lebih seru, berbisnis dengan cara kreatif, dan menciptakan nilai di era digital sekarang. Jadi, buat kamu yang suka nge-Twitter, ini bisa jadi peluang keren buat tampil beda dan dapet duit tambahan buat jajan ofc! 🚀💰

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline