Lihat ke Halaman Asli

RAHMITA IWAN

Mahasiswi

Komunikasi dalam Organisasi

Diperbarui: 2 Januari 2023   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Rahmita iwan, Novianty Djafri

Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu komunikasi yang ada di sebuah organisasi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualiatif dengan menggunakan pendekatan berbasis kepustakaan yakni mencari referensi melalui artikel yang di pandang relevan dan representatif Komunikasi di dalam organisasi memanglah sangat di pentingkan, bahkan komunikasi dalam organisasi menjadi suatu ttitk pusat untuk menciptakan situasi dan lingkungan yang tenang. Komunikasi juga terjadi ketika seseorang menyapaikan pesan atau informasi kepada orang lain.

Untuk menjalin komuniksi yang berkesinambungan, mampu meningkatkan kepercayaan publik serta mampu meningkatkan citra yang baik terhadap perusahaan atau organisasi. Hal ini juga dapat membantu mengembangkan serta mampu mempromosikan suatu produk atau jasa. Oleh karena itu komunikasi dalam suatu organisasi harus mampu di pahami dengan sebaik mungkin. Dan juga mampu mengaplikasikan serta dikembangkan oleh siapapun baik perorang, masyarakat dan organisasi. biasanya masalah komunikasi di dalam organisasi sering terjadi pada karyawan atau orang-orang yang bersangkutan dalam perusahaan tersebut.

Kata Kunci: Komunikasi, Organisasi

Pendahuluan

Sekelompok manusia atau biasa di kenal dengan organiasi yaitu sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama, interaksi antar setiap individu dalam organisasi maka akan memunculkan harapa-harapan. Di dalam organisasi sudah tentu mempunyai seorang pemimpin dan karyawannya. Serta sema orang yang sudah telibat dalam organisasi tentunya memiliki komunikasi yang baik. Tidak ada organiasi yang tidak memliki komunikas, komunikasi di ibaratkan sebagi hubungan antar individu atau sesuatu yang dapat membangkitkan kinerja di suatu perusahaan. Suatu efektivitas organisasi tergantung pada evektifitasnya komunikasi, di karena komunikasi mampu menghasilkan suatu pendapat atau masukan pada perkembangan suatu organisasi maupun pada lingkungannya. Dengan adanya kamunikasi kita juga dapat memberikan tanggapan atau sebuah sanggahan pada suatu masalah yang ada dalam organisasi

Metode Penelitian

Metode yang digunakan pada artikel ini ialah Kajian Pustaka. Pencarian berbasis data elektronik dalam pemilihan artikel peneliti menggunakan pendekatan tema dan analisis pada jurnal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline