Lihat ke Halaman Asli

Rahmi Faidah

Mahasiswa UPI, Bandung

Tips Pembelajaran Daring yang Efektif Lewat Pendampingan KKN Tematik UPI 2020

Diperbarui: 30 Desember 2020   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi pribadi

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. Kegiatan yang biasa dilakukan membutuhkan batasan-batasan demi terjaganya kestabilan kesehatan masyarakat. Upaya pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan. Pemerintah, swasta dan masyarakat bahu-membahu mendukung upaya ini. Penerapan protokol kesehatan menjadi langkah utama dalam pencegahan penyebaran virus ditambah dengan kebijakan pemerintah kota di beberapa daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar maupun Menengah. 

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terdampak pandemi Covid-19. Sekolah sebagai ruang belajar mengajar bagi guru dan peserta didik, kini sepi. Tak lagi kita lihat seragam putih dengan bet di saku berbondong-bondong di pagi hari, dan keluar di siang hari. Covid-19 telah merubah ruang kelas menjadi room meeting di aplikasi komputer maupun smartphone. Merubah papan tulis menjadi Share screen, dan bangku sekolah menjadi kamera atau webcam. Semuanya serba digital dalam proses belajar mengajarnya. Dalam prosesnya, pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari murid maupun dari gurunya. Tapi sedikit demi sedikit, kekurangan dalam pembelajaran daring mulai bersama-sama diminimalisir. Pemerintah telah banyak membantu dalam usahanya menjaga peserta didik agar sekolah tidak menjadi cluster baru covid-19. Pembelajaran secara daring terus didukung oeh pemerintah. Pihak sekolah juga terus mengupayakan berjalannya pembelajaran daring dengan lancar. Peran orang tua juga sangatlah penting dalam mendampingi peserta didik dalam belajar secara daring.

Dalam pendampingan pembelajaran daring di SMKN9 Garut, Rahmi Faidah NIM: 1700983 sebagai peserta KKN Tematik UPI 2020 memberikan pendampingan dan Tips belajar online saat pandemi kepada guru, orangtua murid dan juga para siswanya. Penyampaian komunikasi KKN juga melalui daring dengan pembuatan Whatsapp Group dengan dua orang guru SMKN9 Garut yang dapat menyampaikan informasinya lagi pada guru lainnya. juga Whatsapp Group dengan 10 Siswa-siswi sehingga mereka bisa meneruskan informasinya kepada teman-teman lainnya.

Berikut ini 5 Tips Belajar Online saat pandemi.

1. Cari Tempat Nyaman

ilustrasi pribadi

Pemilihan tempat sangat penting dalam pembelajaran online. Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus. Kita bisa mencari tempat seperti sudut rumah yang nyaman untuk belajar. Kita bisa mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar. Bukan hanya tempat saja, tetapi posisi duduk juga harus nyaman. Pilih dan siapkan kursi yang nyaman untuk duduk daengan posisi meja yang sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Kenyamanan belajar ini bahkan dapat lebih nyaman dibandingkan kursi sekolah pada umumnya. Usahakan posisinya adalah duduk bukan tidur atau berbaring karena posisi duduk akan meningkatkan konsentrasi dalam menerima pelajaran. Pemilihan sudut ruangan dengan pandangan yang luas namun meminimalkan orang bisa lalu lalang didepan kita untuk meluaskan pandangan dan mengurangi distraksi atau gangguan dari depan. Pemilihan tempat ini juga berlaku bagi pengajar dengan sistem daring. 

2. Siapkan Perangkat

ilustrasi pribadi


Persiapkan perangkat yang dibutuhkan, baik itu laptop, smartphone, komputer maupun saklar listik untuk mengisi daya perangkat agar tidak kehabisan daya di tengah-tengah fokus belajar. Pastikan juga perangkat terhubung dengan jaringan internet yang baik agar dapat mengakses platform pembelajaran daring yang dibutuhkan tanpa kendala. Perangkat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Walaupun belajar secara digital, namun jangan melupakan perangkat seperti buku dan alat tulis untuk tetap mencatat pembelajaran, karena sensor motorik yang terlatih akan mempengaruhi daya ingat dan pemahaman dalam belajar.

3. Manajemen Waktu

ilustrasi pribadi

Atur waktu belajar Anda agar Anda tidak mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu. Komitmen pengerjaan tugas tentunya akan lebih mudah dilakukan jika pihak sekolah atau perguruan tinggi menetapkan batas waktu pengerjaan tugas kepada peserta didik. Pengaturan waktu ini membantu agar tidak terlalu lama berada di depan layar, karena berada di depan layar terlalu lama juga akan mempengaruhi kesehatan. Jika terlalu asyik di depan layar kita bisa lupa minum dan makan, akibatnya dehidrasi tanpa disadari, mata berkunang-kunang, dan pusing. Tentunya kita juga butuh untuk mengerjakan hal lian dan juga untuk istirahat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline