Lihat ke Halaman Asli

Rahmi Izati

Mahasiswa

Mulai Bikin Konten Biar Jadi Cuan!

Diperbarui: 7 Mei 2023   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Freepik.com/@tirachardz

Siapa yang tiap harinya ngga bisa lepas dari media sosial? Kayanya hampir semua orang pasti akses media sosial ya, karena tuh seru banget liatin konten-konten yang ada di sana. Mulai dari konten mukbang, review skincare, sampai tips mengelola keuangan.

Tapi yang biasanya kamu jadi penikmat konten, pernah kepikiran ngga sih buat jadi konten kretaor? Apalagi punya peluang menghasilkan banyak cuan. Emang sih, jadi konten kreator itu ngga gampang mulai dari cari idenya, equipment kaya kamera, lighting, dan juga internet provider yang mendukung. Tapi, kalau ngga memulai sekarang kapan lagi? Untuk mulai jadi konten kretaor kamu bisa mulai dari hal-hal ini nih gais:

  • Ide

Yup, everything begins with an idea. Cari ide memang sulit apalagi buat pemula. Kadang ide kalau lagi dibutuhin otaknya malah stuck, tapi kalau lagi bengong ada aja ide yang muncul hmm ngeselin emang. Ide juga bisa datang dari hal-hal random yang ada di sekitar kamu lho atau bahkan bisa juga nyari ide mulai dari nge-scroll HP liatin konten-konten yang lagi hype. Makanya dibiasain ketika udah nemu ide langsung deh buru-buru dicatet, bisa di note hp, atau buku catetan supaya idenya ngga ilang gitu aja.

  • Riset

Kalau udah dapat ide lanjut deh ke tahap riset. Penting banget buat riset, riset, riset. Cari tau sedetail mungkin sebelum bikin konten, supaya apa yang disampaikan itu ngga salah. Contoh mau bikin konten rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat, pastiin kamu tau apa yang dibutuhkan sama kulit yang berjerawat, ingredients sudah sesuai, dll deh pokonya. Bisa cari infonya di google, baca berbagai sumber artikel, atau diskusi sama orang lain.

  • Waktunya eksekusi!

Pertama kamu bisa nih masukin rencana konten ke Content Plan, biasanya sih yang ku pakai di Google Sheet untuk masukkin konsep, copy content, tanggal posting, draft buat caption, sampai ke referensinya.

Kalau udah lanjut deh ke proses bikin konten lalu editing yang kamu sesuaikan dengan konsep yang ingin dibikin. Nah, tahap terakhir upload! Buat upload konten paling bete kalau sinyalnya ngga bagus, karena bisa banget mempengaruhi kualitas konten ketika di upload, bisa pecah kualitas gambarnya atau bahkan kepotong kalau video. Makanya pastiin pilih Internet Provider yang bagus dan berkualitas. Pastinya IndiHome dari Telkom Indonesia tuh ngebantu banget loh untuk upload konten jadi lancar karena punya akses yang cepat dan jaringan yang luas, jadi ngga perlu lagi deh khawatir kalau mau upload konten.

Last but not least, harus konsisten supaya bisa menghasilkan cuan deh!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline