Lihat ke Halaman Asli

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Diperbarui: 22 Juni 2020   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pengertian Laporan Keuangan menurut PSAK No.1 (2015:2) yaitu Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan, catatan dan  laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Di samping itu juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan  tersebut, misalnya informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

Tujuan laporan keuangan menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (2015:3) yaitu Tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi.

Menurut PSAK terdapat 5 jenis laporan keuangan yaitu :

1.Laporan Laba / Rugi

Laporan laba-rugi atau incomestatement berfungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi. Laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan, bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan. Isi laporan laba rugi terdiri dari pendapatan, beban, harga pokok penjualan, laba atau rugi perusahaan. Bentuk laporan laba rugi ada 2 (dua) yaitu single step dan multiple step.

2.Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan yang memberikan gambaran mengenai besarnya saldo modal perusahan pada periode tertentu yang dipengaruhi oleh laba/rugi bersih operasi. Dalam laporan ini juga dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahannya saja. 

Modal setiap periode akuntansi tidak selalu sama bisa terjadi penurunan ataupun peningkatan selama satu periode. Jika perusahaan mengalami kerugian modal pada suatu perusahaan akan berkurang, sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan modal akan bertambah. Dalam pencatatan laporan perubahan modal diperlukan modal awal, prive dan total laba/rugi yang diperoleh.

3.Laporan Neraca

Neraca atau balancesheet merupakan laporan yang digunakan dalam rangka nenunjukkan seberapa besar aset, kewajiban dan modal suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Untuk membuat laporan ini pedoman persamaan akuntansi yang digunakan yaitu  :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline