Lihat ke Halaman Asli

Rahmat Setiadi

Karyawan swasta yang suka nulis dan nonton film

Quo Vadis Seniman

Diperbarui: 25 Oktober 2022   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok-pds HB Jassin 

Apa-apa yang dahulunya di awali di darat lalu laut kemudian merambah ke udara. Lalulintas di udara kian padat, tidak hanya sebatas atmosfer tapi juga menembus dan mengorbit di angkasa. Sumber energi dari bahan padat, batubara, gas ke bahan cair, sinar matahari dan kini listrik, dan pada awan akhirnya diketahui menyimpan muatan listrik terbesar.

 

Seniman merupakan sebutan pada seseorang yang memiliki daya cipta yang pada gilirannya menghasilkan karya-karya yang bisa menjawab tuntutan zaman. Adanya seniman terlahir dari proses berpikir manusia-manusia yang sadar akan kebutuhan di kehidupan ini dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia seefisien dan seefektif mungkin.

 

Dari  portal resmi Kabupaten Bekasi diberitakan PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan meresmikan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik atau Charging Station pertama kali di Kabupaten Bekasi, pada Senin (24/10). Hal itu menandai awal konversi energi yang digagas dari Jakarta, sebagai ibukota negara dan merambah ke wilayah terdekatnya untuk kemudian terus menyebar.

Tahun 2004, Robert Langer menemukan metode pengobatan bioteknologi yang mampu memberikan obat-obatan ke dalam tubuh dengan cara tidak diinfus atau suntik. Dengan kata lain tidak dengan cara konvensional. Untuk penyebaran terobosan baru itu dibuat dalam bentuk sepatu, di mana sepatu merupakan bagian dari kebutuhan manusia

 

Seniman sudah ada sejak zaman ketika istilah teknologi belum ada. Namun baru hari ini, 25 Oktober di tahun 2004, diprakarsai oleh Chris MacClure menjadikannya Hari Seniman Internasional atau Internasional Artist Day, dengan tujuan untuk merayakan cara seniman menghidupkan pandangan dan alirannya dalam karya seni.

Perkembangan seniman bisa dikatakan jalan di tempat setelah revolusi industri mengemuka. Bisa dibilang seniman tertinggal, jika saja tidak dipadankan dengan teknologi. Para seniman lebih dikenal sebagai individual, karyanya tidak massal. Andaipun ada, bisa jadi disebutnya teknokrat. Begitu mudanya seniman hingga peringatan tahun ini baru berusia 18 tahun.

 

Seniman bukan profesi pilihan, setidaknya belum menjadi cita-cita yang direstui oleh orang tua terhadap anaknya, dan berkat pelukis Affandi seniman di Indonesia masih bisa eksis. Begitu kata Mikke Susanto di acara Haul Maestro Affandi. Pernyataan itu seolah mempertegas bahwa profesi adalah sebuah sebutan lain daripada penghidupan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline