Lihat ke Halaman Asli

Kolaborasi BEM PKN STAN dengan Desa dalam Program Mitra Desa

Diperbarui: 21 Agustus 2023   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Simbolis Penanaman Bibit Kelapa oleh Kepala Desa Sudimanik

BEM PKN STAN dan desa berkolaborasi untuk wujudkan desa lebih sejahtera. Hal ini merupakan bagian dari Program Mitra Desa. Program ini adalah program pengabdian masyarakat yang merupakan kerja sama antara Politeknik Keuangan Negara STAN dengan masyarakat desa di Provinsi Banten dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan desa mitra. Sebagai perwujudan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, mahasiswa turut bertanggung jawab dan terlibat langsung dalam pembangunan desa.

Dana APBN mulai tahun 2015 s.d. 2023 kurang lebih sebesar Rp583,00 T telah digelontorkan ke desa untuk mempercepat pembangunan desa. Secara konkrit target luaran dari program ini adalah meningkatnya level desa Sudimanik dari tertinggal menjadi berkembang atau lebih baik lagi. Atas latar belakang tersebut maka BEM PKN STAN dari bidang Kementerian Sosial melaksanakan program Mitra Desa.

PEMILIHAN MITRA DESA BEM PKN STAN 

Pada tahun 2023, program Mitra Desa dilaksanakan di Desa Sudimanik, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Annisa Maharani dalam sesi persiapan, menyatakan bahwa Desa Sudimanik dipilih menjadi desa mitra dengan memperhatikan beberapa pertimbangan, diantaranya terkait Indeks Desa Membangun berada dalam kategori desa tertinggal, apalagi Dinas PMPD Kabupaten Pandeglang memberikan rekomendasi Desa Sudimanik untuk bermitra dalam pembangunan desa.

PELAKSANAAN KEGIATAN MITRA DESA BEM PKN STAN

Kegiatan Mitra Desa ini merupakan program berkelanjutan dimana dalam satu periode akan dilaksanakan dua batch. Batch I dilakukan mulai dari bulan Juni yang meliputi kegiatan Open Volunteer, Survei Desa, Persiapan Kegiatan, hingga Pelaksanaan Kegiatan berupa kunjungan pengabdian masyarakat ke Desa Sudimanik di bulan Agustus. Batch II merupakan kegiatan lanjutan dari pelaksanaan kegiatan Batch I yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan November. Program Mitra Desa berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan di empat bidang yakni Ekonomi, Pendidikan, dan Lingkungan Hidup.

Pelaksanaan kunjungan Mitra Desa di Desa Sudimanik pada Batch I, diawali dengan pembukaan yang diselenggarakan di Balai Desa Sudimanik pada 12 Agustus 2023. Pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Sudimanik beserta jajarannya, Wakil Direktur Mahasiswa PKN STAN, Pembina Mitra Desa, serta Perwakilan Bidang Sosial IKANAS STAN selaku pihak yang bekerja sama dan pendukung program ini. Kegiatan pembukaan yang diselenggarakan pada hari pertama meliputi sambutan dari kepala desa, wakil direktur mahasiswa PKN STAN, pengenalan Mitra Desa oleh koordinator pelaksana, penandatanganan MoU oleh presiden mahasiswa BEM PKN STAN dengan kepala desa Sudimanik, penyerahan plakat, dan ditutup secara simbolis penanaman bibit kelapa oleh Kepala Desa Sudimanik.

Wakil Direktur Mahasiswa PKN STAN, Bapak Budi Waluyo, dalam sambutannya menuturkan, “PKN STAN memiliki program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, sedangkan pelaksanaan program Mitra Desa di desa Sudimanik selama tiga hari ini merupakan program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa.”

Program Mitra desa merupakan program baru BEM PKN STAN yang berkolaborasi dengan SDGs Desa Center PKN STAN, Duta SDGs Desa PKN STAN, Kemendesa PDTT, Pemda Pandeglang serta Pemdes Sudimanik untuk bersama-sama meningkatkan peringkat IDM desa Sudimanik menjadi lebih baik. Sementara itu Bapak Arif Nugrahanto selaku dosen penanggung jawab kegiatan, berharap serta mengupayakan program Mitra desa dapat menjadi inisiator untuk desa lain, sehingga mahasiswa menghayati dan bertanggung jawab untuk memajukan desa, sebab Politeknik Keuangan Negara STAN mendukung penuh program tersebut.

ANTUSIASME WARGA DESA SUDIMANIK

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline