Lihat ke Halaman Asli

Rahmatika DwiLatifah

Mahasiswa IAIN Jember'19

Keteladanan Guru

Diperbarui: 8 Maret 2020   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di dalam dunia pendidikan Guru memiliki peran yang sangat penting sebagai panutan para siswanya.Seperti dalam membentuk suatu karakter yang baik bagi setiap siswa. Karakter berupa watak, sifat, akhlak dan kepribadian bagi setiap para individu. Terutama pada era sekarang ini, penting sekali bagi sang pendidik untuk menjadikan dirinya panutan yang baik bagi para peserta didiknya. Terutama dalam karakter menjadikan siswa memiliki akhlak dan adab yang baik terhadap guru dan orang sekitar.

Sekarang ini sangat minim sekali para peserta didik yang memikirkan tentang adab dan rasa hormat kepada guru. Padahal tujuan adanya pendidikan yaitu untuk membentuk karakter yang baik, mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berilmu, bertanggung jawab dan berakhlak mulia.

Penerapan karakter peserta didik juga membutuhkan orang tua, pendidik dan Guru sebagai pendorong bagi para peserta didik. Dan di dalam menerapkan karakter jangan hanya dilakukan di dalam area sekolah saja, namun juga harus dilakukan di dalam rumah, masyarakat dan lingkungan sekitar, karna dengan di biasakannya seperti itu, karakter tersebut akan melekat pada diri peserta didik tersebut.

Sekarang ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju dan meningkat. Hal ini juga mencegah untuk peserta didik mengembangakan  karakter tersebut. Hal ini juga menjadi penyebab hilangnya perilaku dan sikap yang baik yang berdampak kepada akhlak si peserta didik untuk mengembangkan karakternya di dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Namun hal ini dapat dicegah dengan meberikan teladan dan contoh yang baik dalam mewujudkan perilaku yang berkarakter baik dalam mengolah pikiran, mengolah hati dan mengolah rasa. Orang tua, guru atau pendidik harus menanamkan karakter kepada peserta didik dengan etika, moral serta keikhlasan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline