Lihat ke Halaman Asli

Rahmatia IshlahAprilia

lets go sharing and inspiring

Mengenal Quora: Aplikasi Penambah Wawasan Sekaligus Penambah Penghasilan

Diperbarui: 21 April 2020   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

quora.com

Sebagai insan pengguna sosial media, hampir dapat dikatakan mustahil jika setiap orang hanya memiliki satu aplikasi di ponselnya, apalagi di kalangan remaja. Katakanlah ada empat atau lima aplikasi serupa yang sebagian besar isi kontaknya adalah orang-orang yang sama. Begitulah kira-kira gambaran yang mewakili bahwa beberapa aplikasi pada umumnya memiliki fungsi serupa, untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi. Namun wadah dan penawaran akses yang mereka berikan membuat orang-orang menumpahkan ekspresi mereka di masing-masing aplikasi dengan gaya yang berbeda.

Seseorang yang memiliki akun Instagram, Twitter, Whatsapp, Line, dan kemudian Quora, akan menunjukkan sisi kepribadian yang berbeda-beda ketika mereka memakainya. Di instagram, mungkin dia akan menjadi orang yang senang membagikan pengalamannya, me-review ini itu dengan bukti yang diwakili oleh foto. Kemudian lima menit kemudian ia pindah ke twitter, menjadi seseorang yang menunjukkan sisi idealis atas sebuah trending. Sekali-kali ia pergi ke Line untuk membaca cerita-cerita galau di timeline, dan akhirnya menemukan Quora sebagai sebuah aplikasi tanya-jawab yang luas biasa manfaatnya. Hah? Bisa menghasilkan uang juga, dari ilmu pengetahuan, gimana tuh?

Quora sebenarnya bukan aplikasi baru. Sebagai situs pertukaran pengetahuan yang didirikan tahun 2009, kemudian resmi dapat digunakan secara umum pada bulan Juni 2010, Quora menjadi salah satu aplikasi berbagai pengetahuan yang cukup nyaman. Cara pakainya sederhana, kamu dapat mengikuti topik yang kamu sukai kemudian nanti muncul di beranda. Kamu boleh ikut bertanya, menjawab, bahkan setelah kamu aktif dalam beberapa jawaban, bisa jadi kamu diminta untuk menjawab pertanyaan oranglain atau meminta oranglain menjawab pertanyaanmu, yang biasa disingkat PJ (permintaan jawaban).

Di Quora, kamu juga bisa menuliskan kredensialmu sebagai tambahan pengenal jika kamu meminta atau menulis jawaban. Kalaupun kamu belum siap menjawab di quora, kamu akan disuguhkan oleh banyak pertanyaan sekaligus jawaban yang luar biasa membantu kamu dalam mengenal dunia. Orang-orang yang sudah bermain di quora juga sering membagikan pengalamannya dan ilmunya sehingga pengguna quora seakan menjadi akrab satu sama lain walau hanya mengenal dalam tulisan.

Quora juga memberikan fasilitas pendukung jawaban atau yang biasa disebut up vote sebagai bentuk komunikasi pengguna lain untuk memberikan apresiasi terhadap jawabanmu. Lalu bagaimana dalam menghasilkan uang? Ya, Quora menetapkan sistem mitra. Jika kamu pengguna Quora lalu diundang sebagai mita Quora dan kamu menyetujuinya, maka aplikasi tersebut akan memberikanmu uang dengan bentuk dollar atas jawaban dan pertanyaanmu. Cukup keren bukan? Kamu mendapatkan ilmu, relasi, bahkan juga uang tambahan.

Sebagai tambahan, pembahasan Quora juga cukup update, sehingga kamu akan terbiasa membaca atau menjadikan aplikasi ini sebagai lompatan agar kamu lebih cinta akan bacaan, tentunya bacaan yang bermanfaat.

“Membaca adalah alat paling dasar untuk meraih hidup yang baik”

-Joseph Addison




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline