Lihat ke Halaman Asli

Rahmatia Fadhilah

Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia

Sosialisasi dan Edukasi Mengenai Gizi kepada Siswa SMAN 4 Pandeglang

Diperbarui: 16 Agustus 2022   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program kerja yang saya lakukan adalah sosialisasi dan edukasi mengenai gizi kepada siswa siswi SMAN 4 Pandeglang yang dilakukan pada hari jum'at, 22 Juli 2022 bertempatkan di Aula SMAN 4 Pandeglang, Cipogor, Alaswangi, Menes, Pandeglang-Banten.

Gizi merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk perkembangan, pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan tubuh manusia yang meliputi protein, vitamin, mineral, lemak dan air. Terdapat manfaat gizi pada tubuh yaitu Sebagai penghasil energi tubuh, sebagian zat-zat pada makanan yang kita konsumsi oleh sistem pencernaan organ tubuh akan akan diolah hingga menghasilkan energi. 

Energi inilah yang kemudian membantu untuk bisa melakukan berbagai aktifitasnya sehari-hari. Zat-zat penghasil energi tersebut sebagai pembentuk energy tubuh adalah karbohidrat, protein dan juga lipida atau lemak. 

Karena gizi memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, maka dalam program kerja yang akan saya lakukan dalam kegiatan KKN kali ini yaitu sosialisasi dan edukasi mengenai gizi.

Manfaat yang didapat oleh Siswa siswi SMAN 4 Pandeglang dari mengikuti sosialisasi ini adalah  bertambahnya ilmu pengetahuan mereka akan pentingnya asupan gizi untuk tubuh. Selain itu, dalam sosialisasi gizi ini kami juga menghighlight mengenai gizi olahraga, yaitu gizi yang dibutuhkan untuk para atlet. Maka dari itu, sasaran detail peserta dari sosialisasi ini adalah para anggota ekstrakulikuler

Tujuannya untuk meningkatkan performa untuk atlet, tubuh memanfaatkan karbohidrat untuk menghasilkan energi dan menjadikan lemak sebagai cadangannya. Asupan energi inilah yang membuat seorang atlet dapat berlatih dengan lama tanpa merasakan kelelahan yang berlebih. 

Atlet masing-masing cabang olahraga tentu perlu menjalani persiapan khusus sebelum kompetisi. Persiapan tersebut mencakup pola makan untuk tujuan spesifik, misalnya menambah massa otot, mengurangi persentase lemak, dan sebagainya. Kebutuhan energi dan gizi untuk atlet lebih besar dari pada orang biasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline