Lihat ke Halaman Asli

Rahmathul Husna

ini adalah tulisan seorang mahsiswa

Pentingnya Zaman Milenial Lebih Memahami tentang Ideologi Pancasila

Diperbarui: 4 Mei 2021   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila adalah suatu ideologi yang dipegang erat bangsa Indonesia.  Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia untuk menjunjung tinggi Pancasila dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari. Pancasila sangat penting sebagai dasar negara untuk mengatur segala kehidupan masyarakat di Indonesia dan mempersatukan Indonesia. Pancasila memiliki peran yang sangat besar, jika tidak ada pancasila mungkin kita tidak memiliki kebudayaan seperti sekarang ini dan mungkin saja kita menjadi manusia yang tidak memiliki norma. Pancasila memiliki 5 sila, dimana setiap sila memiliki lambang dan artinya. 

Pasti banyak yang bertanya bagaimana cara kita mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut? banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila bahkan kebiasaan sehari-hari kita juga mengandung nilai-nilai pancasila baik itu di lingkungan rumah, dikampus dan masyarakat. Dalam Generasi milenial sekarang banyak sekali yang belum mengerti tentang nilai-nilai pancasila karena kurangnya pengetahuan tentang pancasila atau kurang memahami. Beberapa penelitihan mengatakan bahwa generasi milenial merupakan salah satu kelompok generasi yang sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh radikalisme dan tindakan intoleran ditengah derasnya arus informasi yang beredar di media sosial dan internet. Sebab, banyak informasi-informasi yang tidak difilter dan bahkan menjadi tidak terkendali. 

Kurangnya pembelajaran akan pentingnya nilai-nilai pancasila baik itu di dalam pembelajran sekolah maupun di luar membuat anak zaman milenial sekarang ini belum bisa menyaring denga sempurna. Anak zaman milenial sekarang lebih tertarik dengan hal yang berhubungan dengan gaya anak muda di luar negri padahal itu semua belum tentu bagus, kita perlu menyaring lagi apakah itu bagus untuk ditiru atau malah sebaliknya. Penanaman nilai-nilai Pancasila sudah semestinya mengfokuskan dan mengakomodasi kelompok generasi millenial dengan sebuah formulasi atau metode-metode pembelajaran yang relevan dengan perkembangan kecanggihan teknologi saat ini. Pancasila harus bisa dijadikan pegangan dan prinsip hidup generasi milenial Indonesia dalam menghadapi derasnya kemajuan teknologi modern saat ini. 

Rahmathul Husna(200205089)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline