Lihat ke Halaman Asli

RAHMAT GUNAWIJAYA

PENULIS Sejarah

Cara BCA Berkomunikasi dengan Nasabah Milenealnya

Diperbarui: 18 Mei 2019   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : jurnalid

Perbankan di era digital saat ini dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang serba cepat, mudah dan effesien. Ini mengingat juga karakteristik nasabah bank yang mayoritas akan berasal dari generasi millineal yakni generasi yang lahir diatas tahun 1980 an, yang jika ditilik usianya pada tahun 2018 ini adalah berusia 18 tahun sampai dengan 40 tahunan. Generasi millineal adalah generasi yang melek internet, mudah bosan, mudah berpindah, kritis dan serba cepat menangkap perubahan informasi disamping juga generasi yang agak konsumtif tapi kreatif didunia ekonomi dan bisnis.

Menurut idn times 2019 ciri generasi milineal adalah sebagai berikut

1. Gampang bosan pada barang yang dibeli

Millenials adalah generasi yang mudah dipengaruhi iklan karena iklan merecoki pikirannya dari bangun tidur sampai menjelang tidur dan masuk melalui layar smartphone mereka kalau sedang keluar produk baru. Dengan mudahnya mengakses internet, tinggal pencet, dan dapatlah akhirnya barang yang diidam-idamkan.

Millineal mudah memutuskan membeli suatu barang tapi di balik itu, ternyata kaum millennial mudah bosan dengan barang yang mereka miliki lho! Makannya gak heran, barang-barang mereka biasanya berakhir di situs jual beli online.

2. 'No Gadget No Life'

Generasi millineal tidak bisa lepas dari gadget, dari sejak bayi, belajar, makan tidur maka gadget komunikasi selalu di dekat mereka , sehingga ada idiom baru para millineal lebih memilih ketinggalan dompet berisi uang daripada harus ketinggalan gadget dalam genggaman saat pergi keluar rumah.

3. Hobi melakukan pembayaran non-cash

Millineal lahir saat ATM dan kartu Debit sudah bertebaran di dunia bisnis dan ekonomi, ditambah maraknya kartu elektronik untuk pembayaran non tunai beserta aplikasi mobile banking dan alat pembayaran seperti Go Pay dan Ovo sehingga pembayaran non tunai sudah menjadi kebiasaan hidup mereka.

4. Memilih pengalaman daripada aset

Generasi Millineal adalah generasi yang suka bepergian, traveling untuk menambah pengalaman hidup, suka selfie untuk menunjukkan ekpresi dan status hidupnya dan ini juga didukung dengan gadget yang setia ditambah aplikasi pembayaran non tunai untuk mewujudkan keinginan mereka

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline