Lihat ke Halaman Asli

Rahmat Fajar Prakoso

Saya adalah seorang guru sekolah dasar.

Koneksi Antar Materi - Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Diperbarui: 25 Juni 2024   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumen pribadi

Pertanyaan pemantik 1

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas?

            Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorng guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid. Artinya dapat disimpu;kan bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan serangkaian teknik yang bisa dilakukan yang dibuat oleh guru yang bertujuan memenuhi kebutuhan belajar murid.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan murid. Kebutuhan murid tersebut mencakup 3 aspek yakni, kesiapan murid, minat murid, dan profil belajar murid. Sebelum melaksanakann pembelajaran, seorang guru harus memperhatikan ketiga aspek kebutuhan murid. Pengambilan data kebutuhan murid bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni dengan tes, memberi pertanyaan baik lisan maupun tertulis, dengan observasi, dan sebagainya. Pengambilan data sifatnya bisa fleksibel dan tidak ada aturan baku, yang terpenting data yang diperoleh merupakan data yang memang nyata sesuai dengan kebutuhan murid di kelas.

            Setelah kebutuhan murid sudah diketahui, seorang guru lalu merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil data kebutuhan murid. Pembelajaran bisa dirancang dengan memvariasikan 3 macam diferensiasi yakni, diferensiasi produk, proses, dan konten. Diferensiasi konten berkaitan dengan bentuk materi yang digunakan dalam pembelajaran. Diferensiasi proses berkaitan dengan cara murid dalam melakukan pembelajaran. Diferensiasi produk berkaitan dengan hasil yang dibuat murid saat pembelajaran. Setiap kelas memiliki bermacam karakter murid yang dimiliki, mengakibatkan cara pembelajaran setiap kelas juga berbeda. Pembelajaran berdiferensiasi ini mendorong pembelajaran yang variatif yang bisa menjadi alat untuk membantu murid mencapai tujuannya dalam belajar.

Pertanyaan pemantik 2

Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal?

            Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan murid dengan cara memetakan kebutuhan murid berdasarkan 3 aspek yakni kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar. Ketiga aspek tersebut menentukan strategi yang digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi. Tiga strategi tersebut yakni diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Ketiga strategi tersebut bisa dikombinasikan atau diterapkan hanya 1 saja, penerapannya bisa disesuaikan dengan melihat materi dan karakteristik murid.

            Pembelajaran berdiferensiasi yang dirancang guru sesuai dengan kaidah dapat membantu murid mencapai hasil belajar yang optimal. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada murid, dengan cara memetakan kebutuhan murid maka pelaksanaan pembelajaran nanti pastinya akan disesuaikan dengan kemauan murid. Pembelajaran berdiferensiasi tidak mengubah standar pembelajaran, namun mencarikan jalan bagi murid untuk memahami pembelajaran dengan cara yang disenangi. Pembelajaran berdiferensiasi juga menekankan kualitas pembelajaran, bukan kuantitas. Maksudnya yang dikejar dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah keberartian pembelajaran bukan kecepatan dalam memberikan materi pelajaran.

Pertanyaan pemantik 3

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline