Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi PHBS: Menumbuhkan Kebiasaan Sikat Gigi dan Cuci Tangan yang Baik Sejak Dini

Diperbarui: 6 Maret 2024   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan bagian yang penting dari Pendidikan anak usia dini. Kelompok KKN UPGRIS khususnya dari Desa Ngrapah melakukan sosialisai mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan menyikat gigi serta memcuci tangan yang baik dan benar di  Taman Kanak-kanak (TK) Ngudi Lestari Dusun Mendut Desa Ngrapah. Kegiatan ini tidak hanya menekankan pentingnya menyikat gigi dan mencuci tangan secara rutin, tetapi juga mengajarkan Langkah-langkah yang baik dan benar.

Langkah-langkah PHBS yang dilakukan di TK meliputi kegiatan edukasi dimana Mahasiswa KKN menggunakan metode yang sesuai dengan perkembangan anak diusia TK melalui lagu  menyikat gigi dan mencuci tangan. Siswa TK ngudi lestari dengan antusias mengikuti lagu yang Di nyanyikan oleh Mahasiswa KKN. Kemudian kegiatan dilanjutkan praktik cara menyikat gigi serta cuci tangan yang baik dan benar dengan nyanyian yang telah di contohkan oleh mahasiswa KKN kegiatan ini memungkinkan mereka untuk memahami Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyikat gigi serta mencuci tangan yang benar.

Siswa TK Ngudi lestari didorong untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan menyikat gigi dan mencuci tangan. Kegiatan ini mencipatakan kebiasaan positif secara praktis dan memperkuat pemahaman mereka mengenai pentingnya PHBS. Setiap kali mereka melakukan Tindakan mencuci tangan dan menyikat gigi dengan baik dan benar, mereka akan mendapatkan penguatan positif, seperti pujian serta hadiah kecil yang diberikan oleh mahasiswa KKN. Hal ini membantu memperkuat kebiasaan positif yang telah memereka pelajari.

Dampak sosial yang dari sosialisai PHBS, yaitu meningkatkan Kesehatan individu melalui kegiatan PHBS yang efektif diharapkan mampu mendorong kesadaran dan praktik Kesehatan individu. yang dapat mengurangi angka absensi sekolah akibat penyakit. Serta membentuk kebiasaan baik yang ditanam sejak dini cenderung bertahan seumur hidup. Dengan memperkenalkan PHBS pada usia dini dan juga memberikan pondasi kuat untuk pola hidup sehat di masa yang akan  datang.

Melalui sosialisasi PHBS yang terarah di tingkat taman kanak-kanak (TK) kita dapat membantu membentuk generasi yang lebih sadar akan pentignya Kesehatan serta memiliki keterampilan praktis untuk menjaga Kesehatan diri mereka sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline