Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran di Sekolah

Diperbarui: 16 Desember 2022   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat, khususnya teknologi informasi yang sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan penerapan strategi pembelajaran. Pembelajaran di perlukan bagi pengajar untuk dapat membuat para siswanya semakin bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran. Media pembelajaran tersebut merupakan suatu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar, hal tersebut di lakukan untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang  keberhasilan dari suatu proses belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan mencapai tujuan yang di inginkan.

Pada kenyataannya, media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan hal ini seharusnya tidak semestinya terjadi jika setiap pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran.Dengan adanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, para guru dapat menggunakan berbagai media tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. 

Media dapat meningkatkan produktivitas pendidikan, salah satunya yakni media audio visual yang di mana media audio visual merupakan salah satu media yang memunculkan unsur suara dan gambar secara terintegrasi pada saat menyampaikan informasi atau pesan sehingga dapat mempermudah pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah.

Media juga dapat menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang di sajikan, salah satunya adalah media komunikasi elektronik, misalnya media video dengan karakteristik utamanya “visual motion” serta dengan dukungan audio. Penggunaan media video (audio-visual) sebagai sumber pembelajaran di sekolah. 

Adapun jenis media audio visual di bedakan menjadi dua, yakni media audio visual diam dan bergerak, salah satu contoh dari media audio visual diam seperti video yang tidak memiliki suara, sementara contoh media audio visual bergerak yakni film, televisi , gambar bersuara dan sebagainya.

Di samping itu media audio visual memiliki kelebihan dan kekurangan, di mana kelebihan media audio visual yaitu menyampaikan informasi lebih  rinci dan jelas,penyampaian informasi yang tidak membosankan, serta mempermudah penyampaian langkah-langkah atau tutorial,dan kelemahan media audio visual yakni sangat dibutuhkannya waktu yang cukup untuk mempersiapkan bahan pada media tersebut, diperlukannya perangkat yang lebih canggih dari media lain serta di butuhkannya ruang yang luas.

Berdasarkan tujuan pembelajaran tentu keberadaanya merupakan bagian integral dari sistem pembelajaran, oleh sebab itu fungsi utama dari media pembelajaran ini adalah sebagai alat bantu belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik dan sempurna, dan adapun  dampak positif  dari media audio visual dalam pembelajaran di sekolah dalam membentuk dan mengembangkan  pemahaman peserta didik.Oleh karena itu,seorang pendidik di tuntut untuk mengembangkan ide-ide kreatif,dan mampu merealisasikan idenya tersebut melalui media audio visual.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline