Lihat ke Halaman Asli

RAHMA SYAKIRA

Mahasiswa

Bangga Membeli Produk Lokal

Diperbarui: 24 Juni 2024   02:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bangga membeli produk lokal (canva/dokpri)

     

Di era globalisasi ini, pergerakan barang atau produk antar negara semakin mudah dan cepat. Hal ini membawa dampak positif berupa kemudahan akses terhadap berbagai produk dari seluruh dunia. Namun, di sisi lain arus impor yang banyak juga dapat membahayakan keseimbangan ekonomi dalam negeri, terlebih lagi jika tidak diimbangi dengan ekspor yang setara. 

Oleh karena itu, membeli produk dalam negeri menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga keseimbangan ekonomi dan membangun kemandirian bangsa. Ketika membeli produk lokal, uang yang dikeluarkan akan berputar di dalam negeri, sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan para pelaku usaha lokal, menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Selain itu, membeli produk lokal dalam negeri juga dapat membantu meningkatkan kualitas produk lokal.

Lebih dari itu, membeli produk dalam negeri juga merupakan bentuk kecintaan terhadap tanah air dan komitmen untuk membangun bangsa. Melalui membeli produk lokal bisa menunjukkan bahwa kita bangga dengan produk buatan dalam negeri dan ingin ikut serta dalam memajukan perekonomian dalam negeri.

Referensi: https://surakarta.go.id/?p=27566




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline