Lihat ke Halaman Asli

Rahma Sheila Rufaida

Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga

7 Kunci Sukses di Era Saat Ini

Diperbarui: 16 Juni 2022   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Karakter merupakan gabungan dari habits (kebiasaan) kita. Habits sulit diubah, tapi bisa dilakukan dengan komitmen yang sungguh-sungguh. Jadi, berikut ini merupakan cara membangun kebiasaan untuk menjadi sukses:

1. Be Proactive

Don't approach life's challenge by being "reactive"! Kita harus memiliki kebiasaan yang dapat menunjang segala aktivitas kita secara efektif. Orang yang efektif tentunya memiliki sikap proaktif, yaitu bergerak aktif mencari solusi dan selalu cekatan dalam menyelesaikan permasalahan. Tidak hanya itu, orang yang proaktif juga mengerti akan tindakannya dan mampu mempertanggungjawabkan perbuatannya. Jadi, kita harus memiliki sikap proaktif, seperti:

  • Proaktif dalam merencanakan masa depan.
  • Proaktif dalam membangun self-competency.
  • Proaktif dalam mengubah nasib ke arah yang lebih baik.

2. Begin With The End In Mind

Kita memang boleh gagal dalam membangun hubungan tetapi kita tidak boleh gagal dalam membangun visi atau tujuan hidup. Bangunlah visi yang sangat jelas tentang jalan hidup. Sebab, visi yang jelas akan membantu kita untuk mencapai masa depan yang cerah, baik dalam kehidupan personal ataupun profesional. Selain itu, visi yang jelas akan membantu kita untuk bisa merumuskan dua hal di bawah ini:

  • Apa impian yang ingin diraih dalam 3, 5, atau 7 tahun ke depan?
  • Apa aspirasi profesional dan personal yang ingin diwujudkan?

Ingat bahwa setiap manusia pasti memiliki tantangan dan hambatannya masing-masing dalam mengarungi kehidupan. Jadi, berhentilah untuk selalu menginginkan posisi orang lain, berhentilah juga untuk selalu membawa semua aspek kehidupan ke dalam perbandingan.Yuk, tentukan visimu mulai dari sekarang!

3. Put First Things First

Kita harus memiliki prioritas pekerjaan yang jelas supaya segala hal yang akan kita lakukan dapat terstruktur dengan baik. sebagian orang seringkali tidak memiliki prioritas yang jelas, sehingga terdapa beberapa hal yang terabaikan. Hirarki prioritas itu sendiri ada empat:

  • Important and Urgent
  • Important and Not Urgent
  • Not Important and Urgent
  • Not Important and Not Urgent

Yuk buat skala prioritas dan ingt untuk selalu utamakan yang utama!

4. Think Win-Win

Think Win-Win bukan tentang bersikap baik, juga bukan teknik perbaikan cepat. Ini adalah kode berbasis karakter untuk interaksi dan kolaborasi manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline