Lihat ke Halaman Asli

Berhasil Meraih 9,2 Juta Lebih Penayangan, KKN di Desa Penari Menjadi Film Nasional Terlaris Sepanjang Dunia Perfilman Tanah Air

Diperbarui: 3 Desember 2023   21:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Film horror KKN di Desa Penari yang diproduksi oleh MD Pictures ini menjadi film terlaris di tahun 2022. Dengan jumlah penonton yang mencapai 9.231.578 penonton di seluruh bioskop Indonesia dalam waktu kurang lebih selama 53 hari masa penayangan.

Film yang ditayangkan pada hari sabtu, 30 April 2022 dengan durasi selama 2 jam 10 menit tersebut sangat mengundang rasa antuasiasme masyarakat yang besar terutama dikalangan anak muda. Awalnya, film KKN di Desa Penari diadaptasi dari sebuah utas kisah yang ditulis dan disebarkan oleh akun @SimpleM81378523 atau "SimpleMan" di Twitter. SimpleMan menegaskan bahwa ceritanya ini benar dan tidak fiktif. Tetapi ia juga menceritakannya kembali dengan alur yang sudah ia tambahkan dan disusun ulang sedemikian rupa. Sehingga tidak murni sama dengan apa yang ia dapat dari narasumber asli. Meskipun begitu, film KKN di Desa Penari tetap menuai perhatian publik dan mendapat banyak komentar positif dari masyarakat.

Saat awal cerita tersebut viral, banyak orang-orang terutama para user twitter yang dengan cepat membaca thread dari SimpleMan tersebut. Sampai saat ini, thread yang bertajuk "KKN di Desa Penari -- Horor Story" sudah mendapatkan 201.5K likes, 15.4K quote tweets, dan 75.1K retweets sejak pertama kali diposting pada tanggal 24 Juni 2019. Hal tersebut membuktikan bahwa orang-orang memang sudah tertarik sedari awal cerita tersebut dipublish. Kecenderungan masyarakat Indonesia yang memang menyukai cerita berbau mistis, bergenre horror, serta percaya dengan hal-hal gaib juga tak membuat heran jika cerita ini bisa meraih pendapatan yang sangat besar saat dijadikan sebuah film layar lebar.

Pendapatan yang masuk dari film KKN di Desa Penari yang ditayangkan di layar lebar seluruh Indonesia ini sudah menyumbang sekitar 8% penghasilan, atau senilai Rp 20,4 miliar. Adapun pendapatan yang didapat selain dari penjualan tiket untuk layar lebar, seperti mayoritas penghasilan perseroan yang berasal dari layanan streaming (platform digital) senilai Rp 219,3 miliar atau setara dengan 86% keseluruhan pendapatan yang totalnya mencapai Rp 255 miliar.

Sebagai produser film, Manoj Punjabi pun merasa sangat tak menyangka jika film KKN di Desa Penari akan menjadi film yang sangat laris dan mendapatkan feedback yang  besar dari masyarakat Indonesia dan juga dari pecinta film yang ada di Malaysia dan Singapura. Bahkan film KKN di Desa Penari ini juga dapat bersanding dengan jajaran film produksi luar negeri seperti "Avengers : Endgame (2019)" yang meraih sampai 11.24 juta penonton di bioskop Indonesia. Saat jadwal penayangan yang bersamaan dengan film "Doctor Strange in the Multiverse of Madness", KKN di Desa Penari pun dapat mengalahkan film produksi Marvel tersebut dan bersaing kuat.

Film yang dibintangi oleh Adinda Thomas sebagai Widya, Tissa Biani sebagai Nur, dan Achmad Megantara sebagai Bima ini sebenarnya sempat mengalami penundaan penayangan berkali-kali sejak 2 tahun yang lalu. Penayangan perdana film KKN di Desa Penari sebelumnya dijadwalkan tayang pada Maret 2020 lalu. Tetapi semuanya ditunda karena masih adanya kekurangan dan juga penutupan bioskop selama pandemi Covid-19 yang mulain menyebar di seluruh Indonesia. Kemudian pihak dari MD Pictures juga kembali mengeluarkan jadwal ulang penayangan film tersebut menjadi tanggal 24 Februai 2022. Tanpa diduga lagi-lagi terjadi penundaan tayang karena alasan yang tidak diketahui secara pasti. Waktu yang terlalu lama untuk menunggu penayangan film tersebut yang membuat masyarakat menjadi tidak sabar untuk menonton. Sehingga saat benar-benar sudah ditayangkan, tak heran jika jumlah penontonnya sangat banyak.

KKN di Desa Penari ini mengangkat kisah dari kejadian nyata tentang sekelompok mahasiswa yang hendak melakukan suatu program kampus yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa. Namun siapa yang menyangka jika pengalaman kkn yang seharusnya terlihat seru, harus berubah menjadi pengalaman yang mungkin membuat trauma para mahasiswa tersebut karena mengalami berbagai kejadian mistis yang tidak disangka sebelumnya. Keanehan demi keanehan mengikuti perjalanan keenam mahasiswa selama menjalani KKN. Ditambah dengan adanya suatu hal yang dilakukan dan dilanggar oleh 2 mahasiswa tersebut (Bima dan Ayu), membuat tokoh-tokoh gaib yang paling terkenal seperti Badarawuhi sang penari siluman ular memunculkan atensinya.  

Ada kabar yang beredar jika mahasiswa tersebut berasal dari suatu perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Tapi pernyataan tersebut tidak dapat dikonfirmasi benar atau salahnya, dikarenakan SimpleMan sendiri menyamarkan semuanya demi menjaga privasi yang ada di cerita tersebut. Baik lokasi tempat para mahasiswa melakukan kkn, nama asli mereka, ataupun informasi seputar perguruan tinggi yang menaungi para mahasiswa tersebut.

Adapun sejumlah pesan moral yang terselip di film KKN di Desa Penari yang dapat kita ambil kesimpulannya dan juga sisi positifnya, seperti tetap menjaga attitude dan tingkah laku dimana pun kita berada, terutama saat kita menjadi seorang pendatang baru yang masih asing dengan tempat tersebut. Sebagai pendatang baru, harus berhati-hati dan tetap mengikuti aturan yang ada. Jangan sampai melakukan suatu hal yang sampai melanggar nilai da norma di tempat tersebut. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi ke depannya jika tidak sengaja melanggar aturan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline