Lihat ke Halaman Asli

Rahma Nuryanti

Statistisi

The Power of BTS "ARMY", Taktik Jitu Marketing McD

Diperbarui: 11 Juni 2021   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

BTS atau "Bangtan Sonyeondan" (방탄소년단)   telah berhasil memikat kalangan muda dan memengaruhi gaya hidup mereka. Bahkan mereka sangat loyal dengan grup band yang sangat mereka idolakan, grup penggemar BTS dikenal dengan A.R.M.Y atau Adorable Representative M.C for Youth.

Daya Tarik BTS yang luar biasa ini, membuat gerai makanan cepat saji Mc Donald menggandeng grup Band ini untuk meluncurkan menu spesial "BTS Meal".  Menu ini terdiri  Chicken McNuggets, kentang goreng medium, Coke berukuran sedang, dan dua saus. Sejak diluncurkannya, Menu ini membuat para A.R.M.Y rela mengantri sendiri di gerai Mc Donald ataupun melakukan order online. Sehingga terjadi kerumunan massa di tengah pandemi dan menyebabkan penutupan gerai. 

Apa yang spesial dari menu BTS Meal ini? Sehingga menjadi incaran para A.R.M.Y....

Dari segi menu yang disajikan, BTS Meal ini merupakan menu yang biasa kita temui di gerai Mc Donald, namun yang menjadikannya luar biasa, ketika pemasaran Menu tersebut dikolaborasikan dengan fanatisme terhadap Band tertentu.  BTS Meal, dikemas dalam kemasan berwarna ungu terdapat tulisan logo BTS. Logo BTS ini yang membuat para ARMY rela antri berjam-jam untuk mendapatkan menu BTS Meal.

Apa yang dilakukan Mc Donald untuk melejitkan omzet ditengah pandemi ?

Mc Donald sebagaimana gerai cepat saji lainnya memiliki tiga channel pemasaran yaitu drive thru, order delivery dan order online. Pembatasan pemasaran ini membuat para customer penasaran.Adanya kolaborasi BTS dengan Mc Donald berhasil memanfaatkan rasa penasaran dan psikologis BTS ARMY, sehingga mampu menaikkan omzet penjualan BTS Meal.

Dengan melakukan Brand Building yaitu membangun awareness atau kesadaran pelanggan terhadap BTS Meal. Mc Donald telah berhasil membangun kedekatan dengan para ARMY Indonesia. Sehingga ARMY yang setia dan loyal ini pun akhirnya ikut berkontribusi dalam pemasaran. Hal ini ditunjukkan dengan suksesnya penjualan BTS Meal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline