Lihat ke Halaman Asli

Kunci Kebahagiaan: Menjaga Pikiran Positif dalam Menghadapi Tantangan di Masa Kini

Diperbarui: 1 Juli 2023   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kunci Kebahagiaan: Menjaga Pikiran Positif dalam Menghadapi Tantangan di Masa Kini

Pikiran manusia memiliki kekuatan yang luar biasa, jika kita dapat menggunakannya untuk selalu berpikir positif. Karena dengan kita selalu berpikir positif, hal tersebut akan berdampak positif juga pada hidup kita terlebih lagi dalam menghadapi suatu tantangan. Berpikir positif merupakan cara pandang kita mengenai segala sesuatu dengan baik. Albrecht (1992) menyatakan bahwa berpikir positif berarti berfokus pada subjek positif dan menggunakan bahasa positif untuk membentuk dan menyampaikan pikiran. Mereka yang berpikir positif akan mengarahkan pikirannya ke arah yang positif juga. Mereka akan berbicara tentang hal hal yang dapat mempengaruhi pikirannya hanya kepada hal yang positif saja. Karena ternyata cara berpikir merupakan aspek psikologis yang mampu memainkan peran penting dalam kehidupan manusia.

Pikiran positif pun mampu memberikan pengaruh pada kebahagiaan seseorang. Karena menurut Mathews (1986: 158) jika seseorang ingin hidupnya bahagia, mereka harus mengubah pola pikir mereka menjadi positif, yang berarti proses kognitif memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan kebahagiaan. Wong (2012: 76) juga mengatakan bahwa berpikir positif secara signifikan akan meningkatkan variasi emosi positif, seperti kebahagiaan dan kepuasan hidup. Namun sebaliknya, berpikir negatif secara signifikan akan meningkatkan variasi emosi negatif, seperti depresi, stress, kecemasan, dan rendahnya kepuasan hidup.

Definisi kebahagiaan sendiri adalah keadaan emosi positif yang secara subjektif didefinisikan oleh setiap orang (Snyder & Lopez, 2007). Seligman (2005) mengatakan kebahagiaan adalah ketika seseorang merasakan emosi positif dan melakukan hal-hal baik tanpa mengandung perasaan negatif. Sehingga kebahagiaan muncul karena adanya emosi positif yan muncul pada diri seseorang, emosi positif juga muncul salah satunya bisa diakibatkan oleh pemikiran positif akan segala sesuatu.

Pikiran yang positif memiliki pengaruh yang kuat terhadap kebahagiaan seseorang. Berikut adalah beberapa pengaruh dari pikiran yang positif terhadap kebahagiaan:

  • Persepsi yang lebih baik: Memiliki pikiran positif membantu kita melihat dunia dengan cara yang lebih positif dan berfokus pada hal-hal baik dalam hidup. Sehingga hal ini memungkinkan kita untuk menghargai kebaikan, keindahan, dan kesempatan yang ada di sekitar kita.
  • Kesehatan mental yang lebih baik: Berfokus pada hal-hal yang positif dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan. Berfokus pada hal-hal yang positif memungkinkan kita untuk memiliki pikiran yang lebih jernih dan fokus, yang dapat menjaga mental kita lebih baik dan membantu kita dalam menghadapi tantangan hidup.
  • Hubungan yang lebih baik: Pikiran positif dapat memengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain. Orang yang memiliki pikiran positif cenderung lebih ramah, perhatian, dan terbuka terhadap orang lain. Ini dapat meningkatkan hubungan interpersonal kita dengan orang lain.
  • Ketahanan dalam menghadapi kesulitan: Memiliki pikiran positif membantu kita mengembangkan ketahanan mental yang kuat. Terlebih lagi ketika kita menghadapi kesulitan atau kegagalan, kita dapat melihatnya sebagai peluang untuk belajar, berkembang dan bertahan dalam menghadapi tantangan hidup.

Dalam hidup tentunya banyak tantangan – tantangan yang perlu dihadapi. Terlebih lagi semakin berkembangnya zaman semakin banyak tantangan yang harus dihadapi oleh diri kita. Dalam menghadapi tantangan di masa sekarang tersebut tentunya menjadi tugas yang sulit, tetapi dengan kita selalu menjaga pikiran positif dapat membantu kita dalam menghadapinya dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa cara agar kita selalu menjaga pikiran positif dalam menghadapi tantangan di masa kini:

  • Sadari dan terima tantangan: Pertama-tama, sadarilah bahwa tantangan adalah bagian normal dari kehidupan dan bahwa setiap orang pasti akan menghadapinya. Terimalah kenyataan bahwa tantangan akan muncul dan lihatlah sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar.
  • Fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan: Seringkali banyak hal di dunia ini di luar kendali kita, jadi fokuslah pada hal-hal yang bisa kita kendalikan.
  • Temukan sisi positif dalam setiap situasi: Tantangan seringkali membawa pelajaran baru dan juga memberikan sebuah kesempatan. Cobalah menemukan sisi positif dalam setiap situasi, meskipun mungkin terlihat sulit pada awalnya.
  • Jaga keseimbangan hidup: Penting untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan, waktu luang, dan waktu untuk diri sendiri. Berikan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai dan yang dapat membuat kita merasa lebih baik, seperti berolahraga, melakukan hobi, atau berkumpul dengan teman dan keluarga.
  • Latih untuk selalu bersyukur: Cara yang tepat untuk tetap positif adalah dengan belajar bersyukur. Luangkan waktu setiap harinya untuk merenungkan hal-hal baik dalam hidup dan mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri atau pada siapapun yang dirasa berpengaruh dalam hidup. Karena dengan kita bisa bersyukur bahkan dengan hal sekecil apapun maka akan mempengaruhi pikiran bahkan hidup kita.
  • Jaga Kualitas Pikiran: Coba hindari pikiran negatif, kecemasan, atau percakapan tentang diri sendiri yang akan merugikan diri sendiri. Latihlah pikiran kita dengan mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif, karena dengan terbiasa selalu berpikir positif maka akan selalu yakin untuk bisa menghadapi tantangan.
  • Jangan ragu untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat: Berbagi pikiran dan perasaan dengan orang-orang yang terdekat dan kita percayai dapat memberikan perspektif baru dan memberikan kita kekuatan emosional yang diperlukan untuk menghadapi kesulitan.

Dengan demikian bahwa menjaga pikiran positif adalah cara agar kita mampu menghadapi setiap tantangan yang ada dengan baik. Namun, tentunya cara – cara tersebut membutuhkan waktu dan proses yang berkelanjutan serta latihan agar terbiasa. Sehingga jaga terus pikiran kita agar selalu positif supaya bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia. Karena kunci bahagia adalah dengan selalu berpikir positif dan menghindari hal – hal yang membuat diri kita lebih buruk atau negatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline