Halooo, akhirnya kita berjumpa kembali dalam pembahasan seputar teori belajar. Oh ya, dari sekian banyaknya teori belajar, kali ini kita beralih pada teori belajar menurut Jerome Bruner. Siapa sih beliau?
Jerome Bruner ialah psikolog asal Amerika, nah beliau ini sangat memberikan kontribusinya terhadap psikologi kognitif pada manusia dan teori pembelajaran kognitif dalam psikologi pendidikan. FYI, beliau juga seorang peneliti yang sudah terbilang senior di Fakultas Hukum Universitas New York. Keren yaa beliau gais!
Pembahasan pertama : perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner
Menurutnya, proses belajar itu dapat terlaksana dengan baik jika menerapkan beberapa tahapan-tahapan. Tahapan-tahapannya apa aja sih? Yuk mari kita bahas satu-persatu yaa :)
Teori Jerome Bruner ini adalah teori belajar matematika yang terdiri dari tiga tahap :
1. Tahap enaktif
Pada tahapan ini siswa tuh dibebaskan dalam mereplikasi atau memanipulasi suatu objek yang konkrit secara langsung
2. Tahap ikonik
Pada tahapan ini juga siswa dapat memanipulasi objek konkrit ke dalam bentuk gambar
3. Tahap simbolik
Pada tahap terakhir ini, Siswa dapat memanipulasi gambar yang ada pada tahapan sebelumnya ke simbol-simbol matematika