Lihat ke Halaman Asli

Rahma Nia

Semangat

Anggota KKN RDR 77 Mengikuti Tradisi Weh-wehan dalam Penyambutan Maulid Nabi Muhammad Saw

Diperbarui: 28 Oktober 2021   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kendal 18 Oktober 2021- Salah satu tradisi penyambutan maulid nabi Muhammad Saw yaitu tradisi "Weh-wehan" yang berada di kecamatan Kaliwungu, kabupaten kendal. Minggu (18/10/2021) sore.

Tradisi weh-wehan adalah tradisi yang saling memberi atau bertukar makanan dan berkunjung serta silaturahim kepada sanak saudara, kerabat, tetangga atau teman. Yang bertujuan sebagai bentuk wujud rasa syukur pada Allah SWT, serta mencari keberkahan dan syafaat Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tradisi weh-wehan ini dilaksanakan pada waktu antara sesudah ashar sampai sebelum isya (disebut juga bodho maulud) karena dilaksanakan pada bulan maulud tepatnya pada malam tanggal 12 Rabiul awwal.

Tradisi weh-wehan yang dilaksanakan oleh masyarakat kaliwungu mengandung nilai-nilai kehidupan. Bentuk dari nilai tersebut adalah kegiatan silaturahim. Perwujudan silaturahim pada tradisi weh-wehan yang utama yaitu adanya sikap pemaaf antar tetangga, maka masyarakat dalam menjalin hubungan bertetangga dapat berlangsung dengan harmonis.

dokpri

Kegiatan dari silaturahim tersebut merupakan bentuk utama dalam kepedulian sosial pada saat berlangsungnya tradisi weh-wehan. "Peran masyarakat pada kegiatan silaturahim yang ada pada tradisi weh-wehan ini yaitu masyarakat bisa saling menghormati, masyarakat bisa saling menerima pemberian yang diberikan oleh masyrakat lain, kemudian masyarakat bisa saling memaafkan dan mengikhlaskan." Ucap Ahya (salah satu warga Kaliwungu). Dengan demikian, pelaksanaan tradisi weh-wehan mendatangkan manfaat yang positif didunia ataupun diakhirat. Maka tradisi weh-wehan ini perlu dipertahankan untuk menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline