Lihat ke Halaman Asli

Abdurrahman Darojat

Seorang pembelajar

Kesabaran Timnas Jerman

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Pasukan Der Panser Jerman akhirnya mengakhiri puasa gelar juara dunia selama 24 tahun. Miroslav Klose, Thomas Muller dkk berhasil mengulangi kesuksesan yang diraih Lothar Mathaus, Juergen Klinsmann dkk 24 tahun. Dan Uniknya mereka sama-sama mengalahkan tim yang sama yaitu Argentina dengan pemain jeniusnya seperti Diego Maradona dan Lionel Messi.

Sebagaian kalangan menilai wajar jika Jerman menjadi juara dunia tahun ini karena Jerman termasuk dalam tim unggulan juara. Selain itu juga predikat sebagai tim spesialis turnamen menambah kewibawaan tim panser Jerman. Dibuktikan dengan lolos ke semifinal dalam 13 edisi piala dunia. dan juga menjadi Juara Eropa 3 Kali dan Juara Dunia 4 kali

Gelar juara dunia ini merupakan puncak penantian yang panjang dari Die Mannschaft setelah edisi piala dunia tahun 2002 hanya menjadi runner up karena dikalahkan Brazil dan tahun 2006 dan 2010 hanya sanggup menjadi juara ketiga. Dan pamornya di jagat sepak bola dunia kalah mengkilap dari tim la furia roja Spanyol dengan tiki takanya

Keberhasilan tim Jerman tidak bisa dilepaskan dari kecerdasan taktik dari pelatih mereka, Joachim Loew. Loew menjadi pelatih utama Jerman semenjak ditinggalkan Juergen Klinsmann setelah Piala Dunia tahun 2006 disaat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah sebelumnya menjadi asisten pelatih. Klinsmann dan Loew berhasil mengubah permainan Jerman menjadi cepat, dinamis dan efektif dengan dukungan talenta-talenta muda. Loew bisa dikatakan mewarisi sistem permainan Jerman yang dikembangkan Juergen Klinsmann dan meninggalkan sistem permainan lama Jerman yang membosankan. Bisa dilihat ketika Jerman berhasil menekuk Portugal 4-0 dan tuan rumah Brazil 1-7!

Selain itu juga tidak bisa dilepaskan dari federasi sepak bola Jerman (DFB) yang merevolusi sistem pembibitan pemain muda setelah kegagalan dalam Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 yang hasilnya bisa dirasakan saat ini dengan lahirnya talenta muda seperti Lukas Podolski, Phillip Lahm, dan Bastian Schwesteinneger tahun 2006, Mesut Oezil, Thomas Mueller, Sami Khedira tahun 2010 dan Mario Gotze, Christoph Kramar, Tony Kroos pada paiala Dunia kali ini.

Piala dunia kali terasa lebih istimewa lagi bagi Jerman, Karena Miroslav Klose berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah piala dunia yaitu 16 gol dengan melewati rekor Ronaldo de Lima (Brazil) dengan 15 gol dan Manuel Neuer terpilih sebagai kiper terbaik turnamen denga meraih Golden Glove.

Selamat Tim Panser Jerman!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline