Lihat ke Halaman Asli

Rahmanda Ary Adi

Orang biasa

Mantra Ajaib Para Motivator

Diperbarui: 31 Juli 2024   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar Kaskus.co.id

Kita sering mendengar orang-orang kaya yang membagikan kisah inspiratifnya, mereka juga sering mambagikan nasehat, tips, atau petuah untuk sukses.

Kebanyakan dari mereka selalu bicara bahwa kunci sukses itu mindset, mindset dan mindset. Hal itu seperti mantra ajaib untuk menyulap menjadi sukses.

Para motivator ini memandang kesuksesan individu hanya terkait perjuangan pribadi, padahal tidak sesederhana itu, ada faktor sosial, ekonomi politik yang mempengaruhinya.

Menurut laporan tahun 2019 Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyatakan 1 persen orang kaya di Indonesia menguasai 50 persen aset nasional. Ada juga lagi data dari IMF mengenai Pengangguran di Indonesia sekitar 5,2% yang tertinggi di ASEAN.

Dari data diatas jelas ada ketimpangan antara si kaya dan si miskin, belum lagi kita cek bahwa seringkali mereka yang berbicara mengenai kesuksesan datang dari keluarga ekonomi yang mapan dan segala privilege yang dibawanya. Tidak heran mereka bisa sukses karena kelebihan sumber daya yang mereka miliki. 

Terlalu banyak hamabatan sistemik atau struktural yang menghambat mayoritas orang miskin naik kelas. Jadi omong kosong belaka bila kita bicara mindset bisa jadi kunci sukses.

Mantra ajaib ini hanya ilusi harapan ditengah ketidakpastian hidup dizaman ini dan mengaburkan realitas yang sesungguhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline