Lihat ke Halaman Asli

Rahmanda Ary Adi

Orang biasa

Gen Z Lemah???

Diperbarui: 2 Juli 2024   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Canva

Sering kita melihat baik di media sosial maupun di lingkungan kita yang mengatakan bahwa Gen Z lemah, hanya memikirkan kesehatan mental, malas, dll. Kalau kita telisik dari sisi sejarah, Gen Z lahir dikondisi dunia tidak baik-baik saja, mulai dari masalah ekonomi sampai perang. 

Mereka hidup disituasi kemajuan teknologi yang super cepat tapi juga dihadapkan pada kondisi hidup yang sulit. Inilah kemudian membuat anak muda atau Gen Z punya paradigma baru dalam memandang dunia. 

Padahal kalau kita lihat banyak kesulitan yang dihadapi anak muda akibat kebijakan yang memang hanya berpihak pada kelas berpunya, dan seringkali tanggung jawab untuk memperbaiki keadaan dilimpahkan kepada generasi berikutnya. Setiap generasi harusnya bertanggung jawab terhadap apa yang mereka wariskan, apakah mereka mewariskan hutang negara,mewariskan hutan yang habis dieksploitasi atau mewariskan dunia yang lebih baik?.

Jadi tidak semua Gen Z lemah, itu hanya pandangan yang mencoba melemahkan anak-anak muda yang sadar dan terpanggil oleh sejarah untuk membuat perubahan. Masih banyak anak muda yang mau terus menerus memberikan gagasan alternatif dan kritis. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline