Lihat ke Halaman Asli

Timnas Indonesia Sedang Menoreh Sejarah

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kemajuan demi kemajuan terus diperlihatkan oleh timnas Indonesia yang kini sedang berada diujung tombak babak penentuan laga putaran pertama final AFF 2010, dan itu merupakan sebuah prestasi yang gemilang dalam mencapai puncak keberhasilan dan kemenangan. Indonesia kini mencoba untuk menoreh sebuah sejarah baru dalam dunia olahraga sepakbola bertaraf internasional.

Seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan dan harapan yang sangat besar sekali atas timnas Indonesia sebagai juara pertama di ajang Piala AFF 2010 sekarang ini. Masyarakat rela mengantri di antrian yang panjang sekali, sehingga berjam-jam dan berhari-hari , saling berdesakan dan dibawah terik sinar matahari, namun mereka tetap saja bertahan dan berjuang demi mendapatkan sebuah tiket untuk menyaksikan secara langsung timnas kesayangan mereka dalam bertanding. Selain itu juga berbagai macam do’a dan harapan dari berbagai seluruh kalangan masyarakat terus dicurahkan terhadap sebuah kemenangan timnas Indonesia ini.

Dukungan yang begitu besar dari masyarakat terhadap timnas ini, merupakan sebuah bentuk rasa kecintaan mereka dan harapan terhadap martabat bangsa Indonesia. Dalam hal ini, masyarakat bersatu padu dengan satu suara dan satu do’a yaitu “Kemenangan”. Sikap masyarakat yang seperti ini, adalah gambaran rasa rindu mereka terhadap sebuah kemajuan peradaban.

Oleh karena itu, moment ini merupakan moment yang ditunggu-tunggu sebagai sejarah baru bagi dunia sepakbola Indonesia, terutama terhadap perkembangan timnas Indonesia. Perlu ditekankan disini, bahwa harapan masyarakat terhadap spirit timnas tidak hanya selesai untuk sekali ini saja, akan tetapi spirit dan kompetisi yang berkelanjutan itulah yang menjadi harapan dari masyarakat.

Semua harapan itu akan terlaksana jika pembangunan infrastruktur dan mental dipadukan dengan penuh keseriusan dan tanggung jawab. Pembangunan infrastuktur berupa sarana dan prasarana yang memadai terus ditingkatkan, tidak hanya bagi para pemain yang senior, akantetapi berlaku juga terhadap bakat-bakat dari para pemain yang masih muda. Dibuktikan dengan dibangunnya stadion dan sekolah-sekolah yang berkualitas, system seleksi yang ketat dan proporsional penuh dengan profesionalitas dan rasa tanggung jawab. Tentu kesemuanya itu dilaksanakan dengan semangat keadilan dan pemerataan semua jenjang umur, pendidikan dan daerah. Namun itu semua, perlu adanya kesabaran baik bagi pihak pemerintah maupun masyarakat, karena pembangunan-pembangunan itudilaksanakan tidak dengan biaya yang kecil.

Pembangunan infrastruktur tidak ada nilainya jika tidak disinergikan dengan pembangunan mental. Jiwa dan mental kemenangan, profesionalisme dan tanggung jawab inilah yang harus ditanam dan dibangun mulai sejak dini, sehingga mampu melahirkan sikap mental yang kuat. Penanaman mental ini, tentu dilaksanakan terutama terhadap anak-anak kecil yang mempunyai bakat didunia sepakbola, karena mereka terus tumbuh sehingga menjadi dewasa yang mampu membawa harum nama Indonesia dimata dunia.

Pada saat waktunya tiba, ketika sebuah timnas mampu membangun dan membawakan mental kemenangan yang kuat, karena hasil dari pembangunan infrastruktur dan mental yang lebih serius dan penuh rasa tanggung jawab, maka pada saat itu Indonesia akan sangat lebih bangga sekali karena naturalitas timnas itu sendiri, dengan 100 %natural pemain dan pelatih timnas Indonesia, sehingga Indonesia tidak lagi membutuhkan naturalisasi timnas. Harapan-harapan inilah yang coba dikomunikasikan dari bentuk antusiasme yang besar dari masyarakat, sehingga dapat direfleksikan oleh timnas Indonesia dalam menoreh sejarah baru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline