Lihat ke Halaman Asli

Rahman212

Freelancer, Copywriter

Inilah Cara Ila Yahya Menjaga Kesehatan Mentalnya

Diperbarui: 10 Januari 2023   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@_helloila

Dapat dikatakan bahwa kesadaran masyarakat tentang Kesehatan Mental masih sangat kurang. Apalagi untuk daerah Makassar. Mereka yang mempunyai mental illness kadang menyembunyikannya dari teman maupun keluarganya. Bukan tanpa alasan, stigma negatif di kalangan Masyarakat yang menganggap bahwa orang yang mempunyai mental illness dan menemui dokter jiwa atau yang biasa disebut Psikiater adalah orang gila. Padahal tidak semua orang yang menemui psikiater adalah orang gila. Ada banyak jenis penyakit mental.

Dan ini juga salah satu alasan mengapa seseorang tidak ingin mencari pertolongan untuk ke Psikiater ataupun Psikolog walau sebenarnya mereka menyadari mental mereka sedang tidak baik-baik saja.

Namun berbeda dengan Ila Yahya, Seorang mental health Influencer asal Makassar. Dari tahun 2015, Ila sudah merasakan ada yang aneh dengan kesehatan mentalnya. Dia mengalami Bulimia dan mood naik turun yang sangat ekstrim. Hingga di Tahun 2018, Ila memberanikan diri untuk menemui psikiater dengan seorang diri. Setelah melalui beberapa tahap pemeriksaan seperti tes wawancara dan tes ini itu, akhirnya Ila didiagnosa mengalami Bipolar Disorder.

Di awal diagnosa Ila masih belum bisa menerima bahwa dia mempunyai Bipolar Disorder. Ciri khas Bipolar adalah perubahan suasana hati (mood) yang ekstrim. Terjadi 2 kutub yang bertentangan, Depresif dan Manik. Dalam perjalanannya beberapa tahun, Ila pernah mengalami titik terendah yang membuatnya depresi berat hingga keinginan untuk bunuh diri itu muncul. Ila juga pernah mengalami Manik yang lumayan lama. Ketika mengalami Manik, Ila bisa tidak tidur sampai 2-3 hari. Dan sering menghambur-hamburkan uang hanya untuk barang yang disenangi walau mungkin barang itu tidak akan dia gunakan.

Memasuki tahun ke lima hidup bersama Bipolar Disordernya, Ila tentunya sudah mengenal dengan baik dirinya dan meminimalisir trigger yang akan membuatnya down atau malah sebaliknya (manik). Dan inilah 7 Tips bagaimana menjaga kesehatan mental ala Ila Yahya:

1. Bangun Lebih Pagi Dan Lakukan Olahraga

Bangun lebih pagi dan melakukan olahraga (minimal Streching) dapat membuat mood jadi bagus sepanjang hari. Selain mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, Olahraga memiliki segudang manfaat termasuk untuk hormon yang ada di kepala.  Dan jangan lupa lakukan aktivitas yang bermanfaat di pagi hari seperti baca buku, menulis, dan apapun yang bisa membuat kalian merasa senang, tenang dan nyaman.

2. Mandi Pagi

Walaupun kalian sedang libur di hari minggu, tapi mandinya jangan sampai di-skip. Mengapa? ketika mandi di pagi hari, otak dan tubuh akan lebih segar, dan rasa malas untuk melalukan apapun akan hilang. Justru mandi di pagi hari bisa membuat kalian semangat untuk beraktivitas setelahnya.

3. Makan Makanan yang Sehat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline