Lihat ke Halaman Asli

Rahma Indah Maudina

Mahasiswa Baru

Pemanfaatan Teknologi bagi Anak-Anak Pondok Pesantren Al-Hidayah oleh Mahasiswa PMM Gelombang 6 Kelompok 3 Universitas Muhammadiyah Malang

Diperbarui: 12 Februari 2024   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan PMM Kelompok 3 Gelombang 6/DOK. PRI

PMM-UMM merupakan salah satu kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa UMM baik secara perorangan ataupun berkelompok yang memiliki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan UMM dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Kegiatan PMM ini merupakan bagian dari mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa UMM dan sekaligus untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Dosen Pembimbing (DPL) kami yaitu, Bapak Yaris Adhial Fajrin, S.H., M.H.

Tahun ini, anggota PMM kelompok 3 gelombang 6 Universitas Muhammadiyah Malang mengambil tema “Edukasi Penggunaan Teknologi dan Peningkatan Kreativitas Anak-Anak Pesantren Al-Hidayah” yang dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota 5 orang dari berbagai fakultas dan jurusan yang berbeda yaitu Ach.Usman (Koordinator), Rahma Indah M (Sekretaris), Innaha Ratna P (PDD), Ali Kholid T (Logistik), Ahmad Ghazi A (Humas), kegiatan ini juga dilakukan secara luring meskipun dengan penggunaan laporan-laporan digital dengan media sosial. Poin-poin yang ditekankan dalam kegiatan PMM dengan tema ini yakni untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang maju dalam menghadapi perkembangan teknologi karena dalam perkembangan zaman ini, masih banyak pelajar yang awam terhadap penggunaan atau pengoperasian dalam bidang teknologi, selain itu juga untuk meningkatkan kreativitas anak-anak khususnya di Pondok Pesantren Al-Hidayah melalui teknologi.

Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan kebutuhan yang diperlukan bagikelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Banyak sekali jenis teknologi yang dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari, di antaranya teknologi dalam bidang informasi, komunikasi, transportasi, pendidikan, kesehatan, konstruksi, pertanian, dan masih banyak lagi.

Teknologi telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, termasuk memperbaiki ekonomi global masa kini. Salah satunya dalam bidang editing, editing merupakan proses yang digunakan untuk mengolah dan memperbaiki data seperti teks, gambar, video, ataupun audio. Penerapan pemanfaatan teknologi ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Hidayah, Kota Batu, Malang dengan bimbingan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan ini memerlukan persiapan perangkat yang dapat digunakan, seperti handphone atau laptop. Selain itu, kegiatan ini juga lebih menfokuskan dalam mengedit poster dan ppt yang sering digunakan untuk memudahkan pemahaman materi melalui visualisasi dalam pembelajaran sekolah. Aplikasi yang digunakan dalam kegiatan ini yakni Canva, merupakan aplikasi editing yang diluncurkan pada tahun 2013 yang memiliki misi untuk memberdayakan semua orang agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

Praktek penggunaan aplikasi Canva/DOK. PRI

Adapun fitur-fitur dalam aplikasi editing tersebut yang dapat digunakan oleh anak-anak Pondok Pesantren Al-Hidayah yakni fitur template merupakan pola hasil edit dengan bentuk tertentu yang dapat kita ubah kembali; fitur elemen yang menyediakan berbagai macam gambar, pola, grafis, bagan, tabel, audio, stiker, bingkai dan lain sebagainya; fitur unggahan yang akan memunculkan gambar ataupun video di mana ia akan menyimpan otomatis ketika mengunggahnya; teks bergerak memuat gaya teks yang menarik untuk desain lebih bervariasi; croping video atau foto digunakan untuk memotong ukuran video dan foto yang akan diedit.

Hasil karya anak Pondok Pesantren Al-Hidayah/dok. pri

Diberikannya kesempatan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hidayah yaitu Gus Habib Asyik, S.E., kami memaksimalkan kegiatan ini untuk mengajarkan khususnya kepada anak-anak Pondok Pesantren Al-Hidayah kelas 7 dan 8 SMP. Harapannya dengan adanya kegiatan ini anak-anak Pondok Pesantren Al-Hidayah bisa berkaya lebih inovatif dan memanfaatkan teknologi yang ada sebaik-baiknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline