Lihat ke Halaman Asli

Optimalisasi Media Sosial Dorong Peningkatan Berwirausaha di Era Digital

Diperbarui: 19 Mei 2024   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi: PKM SMK Pustek Mitra Tigaraksa

Tigaraksa, - Di era digital yang terus berkembang, penggunaan media sosial telah menjadi salah satu strategi utama dalam upaya peningkatan berwirausaha. Berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, kini tidak hanya digunakan untuk berbagi informasi pribadi, tetapi juga sebagai alat pemasaran yang efektif bagi para pelaku usaha. 

Saat ini banyak sekali para pelaku UMKM yang bermunculan. Salah satu pelaku usaha yang kerap sekali disoroti adalah para pelajar, siswa siswi yang sudah mulai terjun kedalam bisnis atau berjualan disekolahnya. 

Berangkat dari keadaan tersebut, Para mahasiswa dari Universitas Pamulang yang sedang melaksanakan praktik di SMKP PUSTEK MITRA TIGARAKSA melihat banyak sekali potensi potensi yang bisa dikembangkan melalui media sosial untuk para siswa siswinya yang sudah menjadi pelakumu usaha sejak dini sehingga dapat memaksimalkan usaha mereka.  Dengan ini, para mahasiswa praktikan menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa. PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Optimalisasi Media Sosial dalam Upaya Peningkatan Berwirausaha. PKM ini dilaksanakan pada Jumat, 1 Maret 2024, dengan pembicara Siti Nurpaidah. PKM ini diikuti kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari siswa siswi, guru dan mahasiswa.

Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Ibu Titi Rohani, S.E dalam sambutannya mengatakan bahwa "Adanya program PKM ini akan sangat bermanfaat sekali untuk para siswa siswi baik yang sudah terjun berwirausaha atau yang mau terjun untuk berwirausaha bahkan kami sebagai guru. Melek akan teknologi penting sekali dimiliki oleh para wirausaha. Apalagi sekarang zamannya pasar online dan semua serba digital. Tentunya dengan adanya Program ini diharapkan membuka wawasan kita semua mengenai pemaksimalan media sosial untuk kita berwirausaha agar dapat memberikan feedback atau mendatangkan keuntungan yang lebih besar dan mampu bersaing di pasaran."

"Media sosial memberikan peluang yang sangat besar bagi para pengusaha untuk menjangkau audiens yang lebih luas tanpa memerlukan biaya besar," ujar Ibu Ade Holisoh, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing PKM Mahasiswa. "Melalui platform ini, kita dapat mempromosikan produk, berinteraksi dengan pelanggan, dan membangun brand awareness dengan lebih efektif."

Dok Pribadi: Penjelasan Materi PKM

Pelaksanaan PKM ini disampaikan oleh Siti Nurpaidah yang menjelasan mengenai media sosial, pengoptimalisasian media sosial baik itu dari sisi design yang menarik hingga copywritingnya untuk bisa menarik pelanggan, dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM ada Siti Sri Rahmah, Indah Novita, Asih Mulyana, Ade Irmaya, Siti Rokiyah, Ayu Ningsih, Sopiah.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan akses internet, diharapkan lebih banyak pengusaha yang dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan usahanya. Langkah ini diharapkan tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga membuka peluang kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline