Lihat ke Halaman Asli

Rahmah Rahmah

Pendidik yang terus berkembang mencari jati diri

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 5 November 2023   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Jurnal  Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Guru Pengerak, Guru hebat yang tergerak, bergerak dan menggerakkan.

Apa Kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas yang direncanakan. Salam semangat, saya Rahmah Calon Guru Penggerak Angkatan 9. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi pengalaman yang dipelajari dari modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah mengikuti pembelajaran individu dan kelompok secara virtual selama 2 minggu mengikuti kegiatan CGP modul 2.1 yang ditulis secara rutin sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak. Dalam menulis jurnal refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu model 4F : 1. Facts (Peristiwa); 2. Feelings (Perasaaan); 3. Findings (Pembelajaran); dan 4. Future (Penerapan), yang dikemukakan oleh Dr. Roger Greenaway. Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.

Facts (Peristiwa)

Saya memulai modul 2.1 menggunakan alur MERDEKA, yakni

Mulai dari Diri

Hari Jumat Tanggal 20 Oktober 2023, saya mulai mempelajari modul 2.1 mengenai Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi secara mandiri diawali dengan menjawab pertanyaan pemantik "Bagaimana guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda?" dan mengutarakan pendapat untuk pertanyaan refleksi sebagai berikut :

Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda?

Apa yang telah anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda?; Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline