Lihat ke Halaman Asli

Media Kantong Misteri Sebagai Alat Asesmen AUD

Diperbarui: 23 Desember 2024   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Laporan Implementasi Project Based Learning 

Dosen Pengampu : Dr. Setiyo Utoyo, M. Pd

Disusun Oleh:

Rahmah Nur Assyura     19022114

Loren Pujana Agustin    20022160


Media Kantong Misteri Sebagai Alat Asesmen Anak Usia Dini 

Media kantong misteri merupakan inovasi pembelajaran yang menggabungkan unsur permainan dengan proses asesmen untuk anak usia dini. Melalui pendekatan Project Based Learning (PBL), penggunaan kantong misteri telah menunjukkan efektivitas dalam mengukur perkembangan anak sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

A. Deskripsi Kegiatan


Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga kantong berbeda yang masing-masing berisi kartu pertanyaan, kartu konsekuensi (hukuman ringan), dan kartu apresiasi. Setiap tim berkesempatan untuk mengambil kartu dari kantong-kantong tersebut secara bergantian. Kantong dibuat dengan warna-warni menarik dan dihias dengan gambar yang sesuai dengan tema pembelajaran.

B. Implementasi Kegiatan


Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi beberapa tahap:
a) Tahap Persiapan: Guru menyiapkan media yang telah diberi label dan kartu-kartu yang sesuai dengan indikator penilaian. Kartu pertanyaan disesuaikan dengan tema pembelajaran dan tingkat perkembangan anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline