Lihat ke Halaman Asli

Pengetahuan Dasar Estetika Seni Pada Anak

Diperbarui: 12 Mei 2024   03:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

img20230310085123-663fd6e6c57afb56366ee362.jpg

Pengetahuan estetika merupakan pengetahuan dalam mempelajari proses dan aturan untuk menciptakan karya seni, hal itu bertujuan agar karya tersebut mampu memperoleh kemampuan merasa baik atau positif  melalui perasaan.  Dalam estetika anak hal ini menyangkut pada apresiasi atau kesan anak terhadap keindahan dalam objek ataupun konsep tentang  benda nyata maupun abstrak.

Dalam pendidikan anak, estetika mendorong kemampuan anak dalam merasakan peka dan mengapresiasi terhadap keindahan karya seni maupun alam.  Dalam hal ini anak dituntut untuk bisa memahami dan mengenali nilai-nilai estetika yang  tentunya diberi pengenalan dan pemahaman terlebih dahulu terhadap seni melalui kesempatan mengekspresikan  diri dengan pengenalan pada musik maupun tarian dengan gerakan-gerakan yang mudah atau dalam bentuk karya lainnya.

Bentuk ekspresi estetika pada anak cukup beragam, anak mengekspresikan diri melalui pembelajaran seni rupa di sekolah yang membantu anak mengasah kreativitas mereka melalui imajinasi. Ekspresi estetika  anak biasanya bersifat natural serta muncul dengan spontan, estetika seni membawa kegembiraan dan memperkaya pemahaman anak melalui berbagai bentuk seni.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline