Lihat ke Halaman Asli

Rahmah Fauziyah

Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa

Peran Guru SD Dalam Melestarikan Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia

Diperbarui: 12 Januari 2025   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://i.pinimg.com/736x/75/55/e0/7555e076fa66f41e00c72f8c083e420f.jpg

A. Peran Guru SD Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Guru memiliki posisi penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Mereka bertanggung jawab untuk membimbing siswa dengan kemampuan akademik yang memadai, kesehatan fisik dan mental yang baik, serta kompetensi untuk mencapai tujuan pendidikan nasional (Ismail, 2010; Mulyasa, 2003). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, pendidik memiliki peran yang krusial dalam sistem pendidikan.Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing, inspirator, dan motivator yang membantu siswa mengoptimalkan potensinya. Dalam proses belajar-mengajar, guru memegang peran penting untuk memastikan siswa dapat memahami materi dengan baik. Peran-peran utama guru meliputi:

  • Sebagai Pendidik: Guru harus memberikan contoh yang baik untuk siswa nya
  • Sebagai Pengajar: Guru harus mempertimbangkan motivasi siswa, hubungan interpersonal, dan pendekatan pengajaran yang sesuai saat menyampaikan materi.
  • Sebagai Sumber Belajar: Guru harus memberikan informasi dan pengetahuan mendalam tentang subjek yang diajarkan.
  • Sebagai Fasilitator: Melalui penggunaan pendekatan yang efektif, guru membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.
  • Sebagai Pembimbing: Guru memberikan dukungan kepada siswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka sendiri.
  • Sebagai Motivator: Siswa diminta oleh guru untuk tetap bersemangat selama proses belajar.

Menurut Khanza Savitra, metode pembelajaran yang inovatif dan relevan juga menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. Peran guru mencakup pengajaran, pembentukan karakter siswa, dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat.

 

B. Fungsi Dan Kedudukan Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Bahasa Indonesia juga memiliki peranan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Santoso (2008:12) menyatakan bahwa bahasa adalah sarana yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, sementara Dardjowidjoyo (2005:16) mendefinisikan bahwa bahasa sebagai sistem simbol lisan yang digunakan untuk komunikasi. Adapun fungsi bahasa Indonesia di sekolah dasar mencakup:

  • Sebagai Bahasa Pengantar: Untuk mempermudah siswa memahami materi pelajaran.
  • Sebagai Alat Komunikasi: Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan berbicara sehingga mereka dapat menyampaikan ide dengan jelas.
  • Sebagai Sarana Literasi Awal: Mengembangkan kemampuan membaca, menulis, dan memahami data.
  • Sebagai Wahana Nilai Budaya: Melalui cerita rakyat dan literatur lainnya, menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Kedudukan bahasa Indonesia juga sangat penting sebagai bahasa nasional dan identitas bangsa. Beberapa poin utamanya adalah:

  • Sebagai Bahasa Nasional: Memberitahu siswa betapa pentingnya bahasa sebagai alat untuk menyatukan bangsa.
  • Sebagai Mata Pelajaran Wajib: Mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.
  • Sebagai Alat Pemahaman Ilmu Pengetahuan: Siswa dapat lebih mudah mengakses berbagai bidang ilmu dengan buku pelajaran yang ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Sebagai Sarana Pembentukan Karakter: Mempelajari bahasa untuk menanamkan nasionalisme, moral, dan etika.

Dengan fungsi dan kedudukannya yang strategis, bahasa Indonesia menjadi fondasi penting untuk membangun kompetensi siswa, baik secara akademik maupun karakter.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline