Lihat ke Halaman Asli

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Diperbarui: 10 Desember 2022   08:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama : Rahma Fawzia Wijayadi

Prodi  : Bahasa Inggris (002)

LPTK  : Universitas Kristen Satya Wacana

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMP Muhammadiyah Darul Arqom 

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama

Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai di akhir pembelajaran adalah dengan berdiskusi secara kelompok, peserta didik mampu :

  • menjelaskan fungsi sosial teks prosedur terkait resep makanan/minuman yang disertai gambar dengan benar.
  • menganalisis struktur sosial teks prosedur terkait resep makanan/minuman yang disertai gambar dengan benar.
  • menganalisis unsur kebahasaan teks prosedur terkait resep makanan/minuman yang disertai gambar dengan benar
  • membuat teks prosedur terkait resep makanan/minuman disertai gambar ilustrasi yang sesuai dengan benar

Latar belakang praktik pembelajaran ini adalah hasil belajar siswa kelas IX F pada keterampilan membaca teks berbahasa Inggris (reading comprehension) masih rendah. Kondisi tersebut bisa dilihat dari hasil nilai belajar siswa yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa masih banyak yang berada di bawah KKM (70.00) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Dimana nilai siswa yang masih berada di bawah KKM mencapai 69% (20 siswa). Dari hasil refleksi kegiatan pembelajaran, observasi dan wawancara kondisi tersebut disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa.

Dari faktor guru, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang mengoptimalkan penggunaan variasi media dalam pembelajaran. Kurangnya guru memberikan praktik/ latihan berliterasi teks bahasa Inggris pada siswa juga menyebabkan siswa kurang menguasai keterampilan membaca teks dalam Bahasa Inggris.

Selain itu faktor dari sisi siswa, anggapan bahwa Bahasa Inggris sulit membuat rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris. Siswa juga kurang familiar dengan kosa kata bahasa inggris ditambah kurangnya porsi latihan mandiri siswa dalam berliterasi teks berbahasa Inggris mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman teks, sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline