Lihat ke Halaman Asli

Ciptakan Desa Sehat, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Hidup Bersih dan Sehat

Diperbarui: 10 Februari 2023   03:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Celep, Nguter (9/2/2023), kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan, dan pembangunan ekonomi. Seluruh isu kesehatan tersebut di integrasikan dalam SDGs (Sustainable Development Goals) poin 3 yang bertujuan untuk menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan masyarakat. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi isu kesehatan tersebut yaitu dengan meningkatkan kesehatan masyarakat. Peningkatan kesehatan masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan di sekitar.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, mahasiswa KKN Tim I Undip menemukan permasalahan dalam bidang kesehatan yaitu kurangnya pengetahuan dan kesadaran warga tentang perilaku hidup sehat maupun pentingnya kebutuhan asupan gizi harian. Oleh karena itu, mahasiswa mengadakan kegiatan pekan sehat sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat dan pengetahuan terhadap kebutuhan gizi seimbang. 

Dokpri

Kegiatan pekan sehat ini diadakan dengan berbagai rangkaian kegiatan, dari mengikuti kegiatan posyandu maupun kunjungan door to door ke rumah warga. Kegiatan pekan sehat Desa Celep terdiri dari serangkaian kegiatan yang dikemas menjadi kegiatan yang berlangsung selama satu pekan. Kegiatan ini diisi dengan beberapa kegiatan seperti pendampingan orang tua balita selaku partisipan yang membutuhkan pengetahuan seputar Isi Piringku dan membaca informasi nilai gizi makanan kemasan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 

Kegiatan pekan sehat diakhiri dengan penyuluhan tentang rumah sehat kepada warga Dukuh Muning. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga Desa Celep tentang perilaku hidup sehat maupun pentingnya kebutuhan asupan gizi harian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline