Lihat ke Halaman Asli

Rahma Diana Putri

Universitas Ahmad Dahlan

Penanaman Nilai Moral Anak Usia Dini di TK Sahabat: Membentuk Karakter Unggul

Diperbarui: 24 Oktober 2023   01:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc: Pribadi

Pada  Jumat 20 Oktober 2023, kami mewawancarai  salah satu guru di TK Sahabat. Adapun dari wawancara ini di ikut sertakan oleh beberapa mahasiswa di antaranya :

  • Rahma Diana Putri (2100002023)
  • Siti Nur Azizah (2100002022)
  • Nanda Mutiara Aditama AR (2100002037)

Di tengah tuntutan zaman yang semakin kompleks, penanaman moral pada anak usia dini menjadi hal yang semakin mendesak. Sebagai respons terhadap kebutuhan ini, TK Sahabat telah menjalankan program unggulan dalam pengembangan karakter anak usia dini.

Menurut teori dari Dr. Maria Montessori, seorang ahli pendidikan anak yang sangat terkenal, pendidikan moral pada anak usia dini adalah fondasi untuk membentuk karakter yang kuat dan berkualitas. TK Sahabat telah memahami hal ini dengan baik dan menerapkannya dalam praktik sehari-hari untuk menjadi individu yang berkualitas dan menjadi lebih baik serta memiliki bekal di masa depan.

Menurut salah satu guru TK Sahabat, Ibu Firdla Nisa , "Kami berkomitmen untuk mendidik anak-anak kami bukan hanya dalam aspek akademis, tetapi juga dalam aspek moral. Kami percaya bahwa penanaman nilai-nilai positif pada usia dini akan membantu mereka menjadi individu yang lebih baik di masa depan."

Foto Proses Wawancara/dokpri

Penanaman moral di TK Sahabat mengacu pada teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif anak. Dengan pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, TK Sahabat menciptakan lingkungan yang memungkinkan anak-anak untuk memahami nilai-nilai seperti kejujuran, empati, dan kerjasama yang mereka lakukan melalui pembiasaan setiap hari di sekolah.

Sumber rujukan terbaru dari Journal of Early Childhood Education (2022) juga menyebutkan bahwa pendidikan moral pada usia dini dapat membantu anak membangun kompetensi sosial yang kuat. Dalam artikel tersebut, Profesor Susan Johnson menjelaskan, "Anak-anak yang mendapatkan pendidikan moral yang baik pada usia dini cenderung memiliki kemampuan sosial yang lebih baik di kemudian hari."

Di sekolah TK Sahabat melibatkan orang tua dalam proses penanaman moral ini. Mereka secara rutin mengadakan seminar dan lokakarya yang mengintegrasikan teori-teori dari ahli seperti Erik Erikson dalam perkembangan psikososial anak. Ini menjadikan suatu panduan bagi orang tua untuk melanjutkan penanaman nilai moral itu di rumah.

Foto Kegiatan Belajar/dokpri

Dalam upaya untuk menciptakan generasi yang memiliki karakter berkualitas dan unggul, TK Sahabat telah membuktikan bahwa penanaman moral pada usia dini adalah investasi yang sangat berharga. Dengan bimbingan yang tepat dan dukungan dari para ahli, anak-anak di TK Sahabat sedang membangun dasar moral yang kokoh untuk masa depan mereka.

Artikel ni menggambarkan upaya TK Sahabat dalam penanaman moral pada anak usia dini, mengacu pada teori-teori dari ahli seperti Maria Montessori, Jean Piaget, dan Erik Erikson, serta merujuk pada penelitian terbaru dalam bidang pendidikan anak usia dini. Berdasarkan teori tersebut Sebagai bentuk implementasi dari teori yang telah di dapatkan, di TK Sahabat juga menerapkan teori tersebut kepada anak-anak dengan  pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan  di sekolah dan kemudian  pembiasaan tersebut juga berlanjut di rumah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline