Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan di Masa Pandemi

Diperbarui: 1 November 2022   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid-19 yang berlangsung Memengaruhi bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka di sekolah karena ada nya virus yang sedang menyebar di Indonesia, karena ada nya  virus ini membuat pembelajaran  tatap muka yang dilakukan setiap hari jadi  harus daring/online. Namun, dengan adanya pembelajaran daring/online ini membuat banyak siswa dan guru yang mengalami masalah dan kendala saat pembelajaran daring. Kegiatan ini juga membuat orang tua kesusahan dalam mengajari anak nya dirumah. Masalah dan kendala yang dialami tersebut membuat belajar jadi kurang efektif dan efisien.

Banyak masalah dan kendala yang dikeluhkan oleh guru, siswa dan orang tua saat pembelajaran daring/online di masa pandemi berlangsung. Masalah utama dan yang paling sering itu adalah kendala nya di jaringan internet. Karena masih banyak daerah yang tidak memiliki akses internet dengan lancar.

Selain itu, keadaan fasilitas yang kurang memadai untuk melakukan pembelajaran daring/online. Kenyataan nya masih banyak siswa yang belum memiliki hp, iPad, tablet, laptop, maupun komputer. Banyak siswa/siswi yang mengeluhkan tidak dapat memahami materi pembelajaran dengan baik melalui media digital. Hal ini karena mereka terbiasa dengan materi pembelajaran secara langsung/tatap muka.

Selain beberapa kendala dan masalah tersebut, sebenarnya ini juga kurang efektif untuk pembelajaran daring/online. Oleh karena itu, diperlukan tindakan yang nyata untuk mengatasi setiap permasalahan pembelajaran daring/online dari masa pandemi covid-19 yang sedang terjadi. Tindakan perbaikan proses pembelajaran daring/online harus segera diupayakan oleh semua pihak yang ada baik dari pemerintah, sekolah, guru, orang tua dan para siswa/siswi.

Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring/online di masa pandemi covid-19 memiliki banyak kendala, masalah dan tantangan. Proses pembelajaran daring/online pun berjalan kurang efektif dan efisien. Diperlukan beberapa tindakan perbaikan yang harus dilakukan untuk permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran daring/online. Peran dari seluruh pihak juga diperlukan untuk mewujudkan perbaikan pembelajaran daring/online yang sedang berlangsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline