Lihat ke Halaman Asli

Rahmad Hidayat

Influencer | Marketing | Blogger

Kapan Hari atau Tanggal Terakhir Bulan Syawal 2019?

Diperbarui: 8 Juni 2019   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pixabay.com

Setelah kita menahan lapar dan minum di siang hari selama 30 hari, maka kita akan masuk ke bulan syawal. Pada tanggal 1 syawal adalah hari raya idul Fitri untuk semua umat muslim di dunia. Di Indonesia pemerintah menetapkan puasa tahun ini sejumlah 30 hari, sehingga 1 syawal jatuh pada tanggal 5 Juni 2019.

Sementara Muhamadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Syawal pada 5 Juni 2019 melalui kalender Hijriahnya. Banyak orang mencari-cari kapan hari dan tanggal terakhir untuk bulan syawalnya. Yaa mungkin karena mereka adalah pejuang Sunnah yang menjalankan puasa syawal.

Jadi, agar tidak terlewat bulan syawalnya perlu diketahui kapan hari/tanggal terakhir bulan syawal tahun 1440 H ini atau tahun 2019 ini.

Sesuai dengan kalender Hijriah, bulan syawal tahun ini berjumlah 29 hari. Sehingga ketika 1 Syawal 1440 bertepatan dengan 5 Juni 2019, maka 29 Syawal bertepatan dengan 3 Juli 2019.

Dan pada tanggal 4 Juli 2019 sudah berganti bulan menjadi Bulan Dul-Qa'dah.

Jadi jika sekarang tanggal 8 Juni 2019 masih ada waktu sekitar 25 hari lagi sampai bulan syawal selesai. Kesempatan untuk puasa syawal 6 hari masih terbuka lebar.

Apa keutamaan puasa syawal?

Puasa 6 hari di bulan syawal setelah melaksanakan puasa selama 30 hari memiliki keutamaan puasa selama 1 tahun. Hal tersebut sesuai dengan hadits yang sudah saya publikasikan dalam artikel sebelumnya yang berjudul : Hadits Puasa Syawal 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline