Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Istilah Uang dalam Peredaran

Diperbarui: 2 Desember 2022   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Infografis-Perkembangan-Uang-Beredar-Desember-2021.aspx

Di zaman dahulu kala orang-orang melakukan transaksi jual beli dengan cara tukar menukar barang atau sering disebut dengan barter, seiring berkembangnya zaman orang-orang membuat sebuah alat tukar untuk mempermudah terjadinya sebuah transaksi kita biasa menyebut itu adalah uang.


Uang adalah alat tukar yang sah yang mana seluruh negara menggunakan uang untuk melakukan tukar menukar. mungkin kita sama-sama tahu jenis uang itu ada uang kertas dan uang logam dan ini adalah uang sah yang sering kita gunakan dalam bertransaksi, tapi apakah kalian tahu ternyata dalam money Supply  uang yang beredar bukan hanya uang kertas dan uang logam saja. 

Tapi sebelum itu saya akan menjelaskan tentang Apa itu money Supply. Money supply adalah seluruh Persediaan uang dalam suatu perekonomian yang beredar termasuk uang kertas dan uang koin.
Istilah istilah Uang dalam peredaran adalah


M0
M0 adalah uang yang di cetak oleh bank central yang mana bentuk uang ini adalah uang kertas atau uang koin yang biasanya di sebut dengan uang kartal.


M1
M1 adalah M0+ uang yang di keluarkan oleh bank bank umum atau bank komersial baik itu dalam bentuk cek, giro, kartu kredit, dll uang ini biasa kita sebut dengan uang giral.


M2
M2 adalah M1+ tabungan dan deposito berjangka dan dana pasar uang yang mana ini di miliki oleh investor.


M3
M3 adalah M2 + simpanan berjangka

Jadi itulah istilah atau jenis uang uang yang ada di dalam peredaran atau money supply semoga ini bisa menjadi penambah pengetahuan kita tentang ekonomi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline