Lihat ke Halaman Asli

Rahma Dani

NUR RAHMADHANI SHOLEHA SN

Ngaku Indonesia, tetapi Tidak Mengamalkan Pancasila?

Diperbarui: 24 Desember 2019   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENULIS : NUR RAHMADHANI SHOLEHA SN

Bagi bangsa Indonesia tidak ada keraguan sedikitpun mengenai kebenarandan ketepatan pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar Negara Republik Indonesia. Pancasila merupakan warisan bangsa dari para pendahulu yang wajib dijaga dan diterapkan pada kehidupan bangsa saat ini maupun untuk masa yang akan datang.

Sebagai bangsa indonesia, mengaku sebagai warga negara saja tanpa mengetahui dan mengamalkan pancasila maka sama saja tidak berarti.Maka, kita sebagai bangsa indonesia harus mengetahui pancasila dan mengamalkannya baik itu dari kedudukan, peran dan fungsi. Lalu bagaimanakah kedudukan, peran, dan fungsi pancasila itu?

Sebelumnya, kita harus mengetahui definisi pancasila terlebih dahulu. Secara etimologi pancasila berasal dari bahasa sanskerta yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti dasar, prinsip atau asas jika digabung menjadi lima asas atau prinsip. Sedangkan secara istilah pancasila merupakan falsafah yaitu pandangan hidup suatu dasar negara yang fundamental bagi kehidupan masyarakat. Maka, dalam melakukan aktivitas kegiatan kehidupan sehai-hari sangat dibutuhkan pengamalan pancasila tersebut.

Jika sudah mengetahui tentang definisi pancasila selanjutnya kita sebagai bangsa indonesia harus mengamalkannya berdasarkan kedudukan, peran dan fungsinya. Berbicara tentang fungsi pancasila, perlu kita ketahui fungsi pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena salah satu fungsinya ialah sebagai pemersatu bangsa.

Adapun kedudukan dan peranan pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut

  • Pancasila sebagai Dasar Negara Inilah sifat dasar Pancasila yang pertama dan utama, yakni sebagai dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara berarti bahwa Pancasila dijadikan dasar dalam berdirinya NKRI dan digunakan sebagai dasar dalam mengatur pemerintah negara atau penyelenggaraan negara.
  • Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa IndonesiaSebagaimana yang ditujukan dalam ketetapan MPR No. II/MPR/1979,maka Pancasila itu adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia dan dasar negara kita.
  • Transformasi pandangan hidup masyarakat menjadi pandangan hidup bangsa dan akhirnya menjadi pandangan dasar negara juga terjadi pada pandangan hidupPancasila. Pancasila sebelum dirumuskan menjadi dasar negara dan ideologinegara, nilai-nilainya telah terdapat pada bangsa Indonesia dalam adat istiadat, budaya serta dalam agama sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia.
  • Pancasila sebagai ideologi negara, yang dimaksud dengan istilah Ideologi Negara adalah kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial dalam kehidupan kenegaraan. Ideologi negara menyatakan suatu cita-cita yang ingin dicapai sebagai titik tekanannya dan mencakup nilai-nilai yang menjadi dasar serta pedoman negara dan kehidupannya.Pancasila adalah ideologi negara yaitu gagasan fundamental mengenai bagaimanahidup bernegara milik seluruh bangsa Indonesia bukan ideologi milik negaraatau rezim tertentu. Sebagai ideologi, yaitu selain kedudukannya sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila berkedudukan juga sebagai ideologi nasional Indonesia yang dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Sebagai ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai ikatan budaya (Cultural Bond) yang berkembangan secaraalami dalam kehidupan masyarakat Indonesia bukan secara paksaan atau Pancasila adalah sesuatu yang sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Sebuah ideologi dapat bertahan atau pudar dalam menghadapi perubahan masyarakat tergantung daya tahan dari ideologi itu

Tidak hanya itu, perlu kita ketahui bahwa fungsi pancasila sebagai dasar negara dapat kita lihat bersama dalam pembukaan pancasila pada alinea ke-empat yang berbunyi :

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lalu, bagaimana cara mengamalkan pancasila yang dapat dijadikan ideologi dan pandangan hidup bangsa? Jika kita lihat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terdapat suatu sistem pemerintahan, pemerintahlah yang secara langsung menjalakan suatu keberlangsungan negara melalui gagasan-gagasan dalam birokrasi. 

Namun jika dilihat dengan bersama, terdapat pelaksanaan pemerintahan yang tidak mengamalkan pancasila maka apakah itu dapat dijadikan sebagai pandangan untuk memajukan negara? Tentu saja tidak untuk itu marilah segoiyanya kita sebagai warga negara indonesia menjadi warga negara yang mengamalkan sila-sila pancasila dengan baik agar dapat menjadikan kemajuan untuk negara indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline