Lihat ke Halaman Asli

Tradisi Bersih Desa Arjosari

Diperbarui: 15 Agustus 2021   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bersih desa atau biasa disebut dengan nyadran oleh warga desa adalah tradisi adat Jawa berupa slametan dengan memberikan sesaji kepada danyang desa. Bersih desa dilakukan setiap tahun dan disetiap dusun di desa Arjosari. Berikut dokumentasi bersih desa Arjosari.

Dokpri

Genduren, tradisi setiap peringatan bersih desa Arjosari. Dimulai dari pukul 09:00 WIB sampai pukul 11:00 WIB, ( Jum'at 13 Agustus 2021 )

Dokpri

Ngruwat, kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan wayang. Acara dimulai dari pukul 13:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB, ( Jum'at 13 Agustus 2021 )

Dokpri

Sesajen, untuk bersih desa Arjosari.

Selain adat tradisi yang dilakukan setiap tahun, bersih desa juga bertujuan untuk mempererat tali kebersamaan antar warga dan menghilangkan sikap individualisme. Bersih desa adalah adat turun temurun yang harus dilestarikan oleh generasi muda. Ayo lestarikan budaya agar globalisasi tidak mengubah tradisi. ( KSM TEMATIK Arjosari )

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline