Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Parenting bagi Orang Tua dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi

Diperbarui: 3 Maret 2024   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan teknologi merupakan salah satu bukti dari masuknya era digitalisasi. Teknologi yang semakin berkembang memberikan dampak yang besar terhadap peradaban dunia. Dampak yang diberikan dapat berupa dampak positif dan dampak negatif. Salah satu dampak positif dari berkembangnya teknologi adalah memudahkan manusia dalam menjalankan pekerjaan, memudahkan dalam berkomunikasi, memudahkan dalam menerima informasi, dan lain sebagainya. Selain dampak positif, perkembangan teknologi juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Pernahkah kalian tidak menggunakan gadget dalam sehari? Atau pernahkah kalian menggunakan gadget hingga tak terasa sudah menghabiskan banyak waktu? Jika kalian pernah melakukannya maka kalian sudah terpengaruh dampak negatif dari perkembangan teknologi.

Salah satu negara yang mendapatkan dampak tersebut adalah Indonesia. Indonesia menjadi negara dengan penggunaaan teknologi gadget paling banyak. Dampak negatif dari perkembangan teknologi tidak lebih sedikit dari dampak positifnya. Salah satu contoh dari dampak negatifnya membuat manusia menjadi kecanduan hingga lupa waktu, terlalu bergantung pada teknologi dan jiwa sosial yang semakin menurun.

Dewasa ini banyak anak-anak yang masih kecil tapi sudah pandai dalam menggunakan teknologi terutama gadget, karena telah diberikan oleh orang tuanya. Bahkan saat mereka merengek atau menangis para orang tua langsung memberikan gadget kepada mereka agar tidak menangis lagi, hal tersebut menjadikan kebiasaan bagi mereka. Mereka akan berpikir bahwa “aku kalau menangis pasti akan diberikan gadget oleh orang tua ku, maka dari itu aku harus menangis terus sampai diberikan”. Pola pembiasaan tersebut membuat anak tumbuh dengan ketergantungan teknologi.

Jika hal tersebut tidak segera diatasi akan mempengaruhi jiwa sosial anak. Anak akan merasa tidak perlu berkomunikasi lagi dengan orang lain, karena mereka sudah mempunyai gadget sebagai teman. Anak juga akan menjadi pribadi yang suka menyendiri, tidak terbuka pada orang lain, konsentrasi berkurang, mudah marah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu perlunya parenting bagi orang tua agar dapat mengantisipasi dari dampak negati dari perkembangan teknologi. Dengan adanya pemahaman mengenai cara mengasuh anak, akan menjadikan anak sebagai orang yang kreatif, aktif, dan peduli sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline