Lihat ke Halaman Asli

Rahmad Hidayat

Demangat Membaca

Manipulasi Pemain, Klub Serie A Ini Dihukum Denda 3.4 M dan Pengurangan 3 Poin

Diperbarui: 14 September 2018   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Chievo Verona dihukum pengurangan poin. Ini menyusul manipulasi nilai transfer pemain yang dilakukan mereka. Kejadian ini dimulai saat Chievo mengadakan transaksi fiktif jual-beli pemain dengan Cesena yang kini berada di Serie D sebesar 25 juta euro. 

Hal tersebut dilakukan oleh Presiden Chievo, Luca Campedelli, untuk membuat kondisi keuangan klub menjadi sehat dan lolos verifikasi main di Serie A. Ketidakberesan transaksi tersebut pada akhirnya tercium oleh otoritas pengadilan federal Italia dan melalui penyelidikan, Chievo pun pada akhirnya dinyatakan bersalah. Awalnya jaksa setempat memutuskan hukuman pengurangan yakni sebanyk 15 poin. 

Akan tetaspi, setelah melalui persidangan, Chievo pada akhirnya hanya dikurangi 3 poin saja. Selain itu, klub dengan julukan Keledai Terbang itu didenda 200 ribu euro atau Rp 3,4 miliar. Sementara, Luca Campedelli dihukum larangan 3 bulan beraktivitas di sepakbola. 

Selain Luca, terdapat 4 asistennya yakni Piero Campedelli, Giuseppe Campedelli, Michele Cordioli, dan Antonio Cordioli yang dihukum 1 bulan 15 hari.

"Dua klub terbukti bersalah sudah memanipulasi pembelian beberapa pemain, ada indikasi harga pemain lebih tinggi dari yang sebenarnya," demikian pernyataan resmi Federasi Sepakbola Italia (FIGC).

Sementara itu tak ada hukuman untuk Cesena yang telah dinyatakan bangkrut dimusim panas lalu. Namun 2 petingginya, Guido Aldini dan Samuele Mariotti, tetap dihukum 1 bulan 15 hari.Pengurangan 3 poin makin membenamkan Chievo di dasar klasemen Serie A mengingat mereka kini punya poin minus 2.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline