Lihat ke Halaman Asli

rahayuramadhani

uin suska riau

Analisis Kegiatan Market Day Terhadap Kreatifitas Dan Kecerdasan Matematika Anak Usia Dini

Diperbarui: 10 Desember 2024   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

ANALISIS KEGIATAN MARKET DAY TERHADAP KREATIFITAS DAN KECERDASAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Rahayu Ramadhani

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

rahayuramadhani1212@gmail.com

 

Abstract: This 6 year old child still found that when he was asked a question about subtracting and adding currency he remained silent, even though the nominal value asked by the researcher was not a large enough nominal value. This research aims to increase the creativity and numeracy skills of young children with market day activities. This research also aims to find the influence of Market Day activities in increasing understanding of currency values in young children. This research is a qualitative research. Research data was collected through observational literature studies, interviews and documentation. The results of the research show that market day activities have a positive effect on children's mathematical intelligence and creativity because in market day activities children carry out the learning process by playing. The creativity values that emerge from market day activities include the following; has great curiosity, often asks questions, is able to express opinions spontaneously and is not shy, has or appreciates a sense of beauty, has a strong imagination, and can work alone.

Keywords: Market Day, Early Childhood Creativity, Early Childhood Mathematics.

 

Abstrack : Pada anak berusia 6 tahun ini masih dijumpai ketika dirinya diberi pertanyaan mengenai pengurangan dan penjumlahan mata uang ia hanya diam, padahal nominal yang di tanyakan oleh peneliti bukanlah nominal yang cukup besar . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan berhitung terhadap anak usia dini dengan kegiatan market day. Penelitian ini   juga bertujuan mencari   pengaruh   kegiatan  Market Day dalam   meningkatkan pemahaman nilai mata uang pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui studi literature observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan market day berpengaruh positif terhadap kecerdasan matematika ,serta kreatifitas anak karena dalam kegiatan market day anak melakukan proses pembelajaran dengan bermain. Nilai kreativitas yang muncul dari kegiatan market day diantaranya adalah sebagai berikut; memiliki rasa ingin tahu yang besar, sering mengajukan pertanyaan, mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu, mempunyai atau menghargai rasa keindahan, mempunyai daya imajinasi yang kuat, dan dapat bekerja sendiri.

Kata kunci : Market Day, Kreatifitas Anak Usia Dini, Matematika Permulaan Anak Usia Dini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline