Lihat ke Halaman Asli

Berternak Ayam Kate beserta Hasilnya

Diperbarui: 27 September 2022   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.pertanianku.com/beternak-ayam-di-lahan-sempit-kenapa-tidak/

Selain ayam petelur dan pedaging kita juga bisa ternak ayam kate.Ayam kate merupakan salah satu jenis ayam hias yang banyak diminati oleh berbagai kalangan di indonesia.

Ayam jenis ini memiliki keunikan tersendiri dibanding ayam jenis lain, sehingga sangat mudah untuk membedakannya.adapun perbedaan antara ayam kate jantan dan ayam kate betina,untuk membedakannya yaitu dari bentuk jengger yang lebih menonjol atau sudah mulai muncul sejak kecil kendatai bentuknya masih tumpul untuk jantan, dan bentuknya lebih landai serta lambat tumbuh untuk betina.

Kedua,warna jengger yang lebih kemerahan atau lebih cerah untuk jenis jantan,dan betina memiliki warna yang kusam atau tidak kemerahan.


Jenis Ayam Kate :
1.Ayam kate serama
2.Ayam kate jepang
3.Ayam kate batik
4.Ayam kate putih
5.Ayam kate ceper

Cara Memelihara Dan Berternak Ayam Kate

agar tumbuh dengan baik dan sehat serta mampu menghasilkan telur secara maksimal dan berkualitas asupan nutrisi ayam kate harus terjaga dengan baik supaya produksi telurnya tinggi.untuk Pakan yang akan diberikan sebenarnya sama seperti pemberian pakan terhadap ayam biasa,yaitu pelet khusus unggas dengan kualitas bagus.

Selain pelet,ayam kate juga bisa diberikan makanan lain seperti sayur-sayuran serta buah-buahan segar.Diantaranya seperti bayam,labu, stroberi dan semangka.Ayam kate juga bisa diberi padi maupun beras merah sebagai makanannya.

Ayam kate hanya akan makan saat lapar dan saat menemukan sesuatu yang lezat.Sehingga tidak perlu khawatir ayam menjadi gemuk.

Porsi yang diberikan juga dalam jumlah yang lebih sedikit dari pada yang diberikan pada ayam biasa.Pemberian pakan yang berlebihan akan membuat pakan jadi berserakan di dalam kandang sehingga pakan bisa membusuk dan bisa memicu terjangkitnya penyakit.saat memilih calon indukan jantan pilihlah ayam yang mempunyai gaya yang gagah seperti dada di moncongkan kedepan dan kepala tegak hampir menyentuh bulu ekornya.

Gerakan dan tingkah lakunya selalu aktif,dan jengger pada kepala selalu berwarna merah cerah,mempunyai bulu badan yang mengkilat dan bersih,pada bagian pantatnya kalau tidak meninggalkan kotoran di bulu pantat,itu pertanda ayam ini menunjukan bahwa pejantan sangat sehat dan siap untuk di pelihara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline