Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Memperpanjang KTP DKI

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berhubung Kartu Tanda Penduduk (Ktp) yang saya miliki akan berakhir masa berlakunya bulan ini, maka hari Jum’at ini sengaja saya sempatkan untuk memperpanjangnya di kelurahan setempat. Mau tidak mau harus datang sendiri ke sana karena adanya peraturan baru sehingga tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Biasanya kita bisa meminta tolong seseorang untuk melakukan hal itu dengan konsekwensi memberikan upah sekedarnya.

Pagi tadi setelah sebelumnya minta ijin bahwa saya akan datang ke kantor terlambat pada atasan, saya pun bergegas ke kantor Kelurahan lebak bulus, maklum saya berdomisili di lebak bulus. Tak terlalu jauh sih dari tempat tinggal saya namun jaraknya agak jauh dari depan jalan raya. Sehingga mesti jalan kaki deh .

Sesampainya di kantor kelurahan, saya pun menuju loket pelayanan masyarakat. Saat itu tampak 3 orang warga sedang duduk di depan loket. Langsung saja setelah mengucapkan salam kepada 3 orang petugas yang ada di balik loket saya utarakan bahwa saya hendak memperpanjang ktp saya. Langsung saja seorang petugas wanita yang menghandle masalah tersebut, menanyakan perihal surat keterangan dari Rt setempat dan foto kopi kartu keluarga. Saya memang tidak membawa persyaratan tersebut karena dari beberapa saudara yang saya tanyakan bahwa sekarang ini bila ingin memperpanjang ktp kita langsung saja ke kelurahan setempat tanpa syarat-syarat di atas. Nanti salah seorang petugas di sana mengambil foto kita dan selesailah ktp baru kita. Tidak usah menunggu katanya.

Walhasil saya urungkan niat saya memperpanjang ktp hari ini, saya mesti minta surat pengantar dari Rt terlebih dahulu. Ya sudahlah…. Lain kali saya akan kembali. Moga-moga tidak ada syarat lain kecuali yang ditanyakan si petugas.

Rempoa, Jakarta Selatan

20 Mei 2011




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline